Kisi-kisi Soal PSAT Mapel Sosiologi Fase F- Kisi Sebagian Edisi Belajar Sukses

Kisi-kisi PSAT Sosiologi, merupakan informasi padat tentang konten materi sosiologi kelas XI atau fase F jenjang SMA. Dalam kisi-kisi ini juga disertai paket tryout yang berfungsi untuk latihan soal. Semoga kisi-kisi ini bermanfaat, selamat belajar, semoga sukses. 

Tryout Pertama klik Edisi Latihan Klik Nilai
Tryout Kedua klik Edisi Latihan Klik Nilai
Tryout Ketiga klik Edisi Latihan Klik Nilai 
Tryout Keempat klik Edisi Latihan Klik Nilai
  1. Disajikan deskripsi kasus sosial, siswa melakukan identifikasi kasus dengan menghubungkan konsep konflik dan kekerasan 
  2. Disajikan faktor-faktor penyebab konflik, siswa mengidentifikasi penyebab konflik di bidang ekonomi 
  3. Disajikan syarat terjadinya konflik, siswa mengidentifikasi dan mencocokkan syarat yang benar dan syarat yang salah 
  4. Disajikan kasus sosial tentang supproter sebakbola yang saling mengejek satu sama yang lain, siswa mengidentifikasi kandungan rasisme 
  5. Disajikan kompetisi produk kecantikan di media sosial, siswa mengidentifikasi kandungan konflik sosialnya. 
  6. Disajikan kasus tentang dinamika sosial, siswa mengidentifikasi arti dari konsep Bhinneka Tungkat Ika. 
  7. Disajikan deskripsi tentang konflik sosial di sampit, siswa mengidentifikasi jenis konfliknya. 
  8. Disajikan tentang mitos pernikahan, siswa mengidentifikasi tentang penyebab mitos pernikahan. 
  9. Disajikan sejarah seni pertunjukan, siswa mengidentifikasi fungsi media pertunjukan. 
  10. Menyajikan deskripsi tentang seni tari, mulai dari sejarahseni tari, fungsi seni tari, pergeseran fungsi seni tari. Melaludeskripsi tersebut, siswa mampu mengidentifikasi mitigasiseni tari yang asing di mata anak muda, dan adaptasi senitari kekinian melalui media digital.
  11. Menyajikan fungsi seni tari kontemporer perwujudannyadalam iklan promo pariwisata Indonesia di media digital.Melalui deskripsi tersebut, siswa mampu mengidentifikasifungsi seni tari di era kekinian.
  12. Disajikan tabel tentang jenis-jenis tari se indonesia. Melaluitabel tersebut siswa diajak mengidentifikasi tidak hanya berfungsi tontonan dan hiburan
  13. Disajikan dengan kadarestetisnya saja, tetapi secara kritis tentang fungsi tarisebagai identitas sosial.
  14. Siswa mendapatkan informasi tentang Tari Saman,kemudian siswa diajak berfikir kritis untuk menggunakan tarisaman sebagai alat diplomasi di beberapa kantor kedutaannegara asing.
  15. Disajikan hasil penelitian tentang pesona seni tari menjadiaset wisata pariwisata budaya Indonesia. Siswa diajakmelakukan identifikasi tentang pengalaman estetis yangmampu menarik wisatawan meliputi gerak tubuh penari,kostum, penyampaian atau penyajian, dan ritualpertunjukannya.
  16. Disajikan deskripsi tentang seni religi Hadrah yang dapatbernegosiasi dan diterima pada masyarakat. Siswa diajakmengidentifikasi aspek lain dari fenomena seni religihadrah diantaranya ekonomi, budaya, dan pendidikanyang dipengaruhi dari pagelaran seni religi hadrah.
  17. Siswa disajikan informasi tentang 9 track diplomasi.Kemudian siswa diminta memberi contoh salah satu modeltrack dari diplomasi tersebut.
  18. Siswa disajikan daftar kuliner yang telah resmi diakuiunesco menjadi warisan budaya tak benda. Selanjutnyasiswa diajak berfikir kritis untuk menggali nilai penting nasirawon menjadi warisan budaya tak benda unesco
  19. Siswa disajikan kasus model pengembangan wisata desaberbasis pentas seni tari. Disajikan informasi tentangsebelum ada model dan setelah penerapan model. Siswakemudian disajikan permasalahan pelik perihal pergeseransistem mata pencaharian dari berbasis ekologi menjadiberbasis wisata. Setelah itu siswa diminta memberialternatif tentang jalan ketiga agar potensi ekologi danpotensi budaya saling mendukung satu sama yang lain.
  20. Siswa disajikan informasi tentang fenomena senam kreasi yangdigunakan dalam promo wisata pantai. Melalui informasi tersebut,siswa diharapkan mampu mengidentifikasi fungsi senam kreasidalam mendukung program pemberdayaan dan pemajuan sebuahdesa.
  21. Siswa disuguhkan tentang informasi tentang sosiologilansia. Selanjurnya siswa diajak berempati terhadap lansiamelalui senam kreasi.
  22. Siswa disajikan informasi tentang keragaman budayafashion. Melalui informasi tersebut, siswa diajakmengusung gagasan fashion show berlandaskan budayafashion dari beragam suku di Indonesia.
  23. Siswa disajikan informasi tentang fashion show dunia.Melalui keragaman busana nusantara siswa diajakmengeksplore desain fashion untuk promosi wisataindonesia di tingkat dunia. Siswa juga diajak berfikirmenggunakan fashion nusantara untuk alat diplomasidengan negara-negara asing.
  24. Siswa disuguhkan fashion identitas sosial masyarakat patimelalui batik bakaran. Selanjutnya siswa diajak berfikirdalam mempromosikan batik bakaran menjadi warisanbudaya benda.
  25. Disajikan perilaku disiplin terhadap kondisi keluarga, siswa melakukan identifikasi dan pecocokan perilaku disiplin yang dipengaruhi kondisi keluarga. 
  26. Siswa sedang melakukan penelitian tentang senibarongan. Selanjurnya siswa diajak berfikir tentangbagaimana cara menjawab pertanyaan penelitian tentang Pola Pewarisan Bentuk dan Nilai di Masyarakat.
  27. Disajikan informasi tentang batik bakaran. Selanjutnyasiswa di ajak menyusun indikator hal-hal yang berkaitandengan promosi batik bakaran di tingkat dunia.
  28. Disajikan sejarah seni pertunjukan kethoprak, siswa diminta mengidentifikasi fungsi ketoprak.
Penyusun: Suhadi dan Nurul 
Sumber foto: Berkas milik Nova 

Komentar

Postingan Populer