Soal Ulangan Mapel Sosilogi Kelas XI - Kurikulum Merdeka SMA N 1 Jakenan


Soal Nomor 1

Perempuan dari kelompok etnis Bali dan Jawa kerab mengenakan baju kebaya. Baju adat ini ditandai dengan blus lengan panjang dengan selutut longgar hingga menutupi pinggul. Menurut mereka, baju kebaya melambangkan kesederhanaan, keanggunan, kelembutan, dan keteguhan perempuan. Identitas busana ini biasanya dibuat dari bahan tipis yang dilapisi kain longtorso. Model baju ini dapat digunakan solusi agar tidak terpapar panas. 

Tersebut merupakan fenomena kelompok sosial yang sedang beradaptasi dari pengaruh perubahan iklim terhadap ........

a. gaya berpakaian 
b. bentuk rumah 
c. mata pencaharian 
d. seni pertunjukan 
e. menu makanan 

Soal Nomor 2

Kelompok sosial arsitektur rumah saling berdebat dalam mewujudkan ramah ramah lingkungan dengan suasana asri dan adem. Mereka saling menawarkan ide agar rumah tidak terpapar panas. Sebagian menawarkan teknologi dan ragam berkakas yang perlu dipasang di rumah. Sebagian lagi mengusulkan desain rumah yang mengutamakan ruang terbuka dengan aneka tanaman penangkal panas. Kedua-dua saling mendapatkan dukungan sekaligus mendapat tantangan. Mereka yang mendukung teknologi dan perkakas peredam panas adalah kelompok sosial yang tidak memiliki lahan yang luas, pengerjaannya mudah, dan manfaatnya cepat. Walaupun demikian, kelompok ini dituding tidak memperhatikan dampak jangka panjang, dimana teknologi tersebut hanya mengalihkan panas, bukan mengurangi panas. Kelompok kedua adalah kelompok yang memiliki lahan luas dan waktu yang cukup untuk menanam dan merawat tanaman. Hanya saja, kelompok ini juga tidak lepas kritikan, dimana tidak semua orang memiliki lahan luas untuk rumah dan lahan terbuka hijau. Kelompok ini juga mendapatkan tudingan disebut-sebut kelompok sosial kelas menengah ke atas, dimana tidak perlu bekerja mencari uang karena sudah mapan. Waktunya cukup digunakan untuk merawat tanaman.      

Perdebatan kelompok sosial arsitektur rumah tersebut termasuk contoh dari pengaruh perubahan iklim terhadap ...

a. gaya berpakaian 
b. bentuk rumah 
c. mata pencaharian 
d. seni pertunjukan 
e. menu makanan 

Soal Nomor 3


Kelompok sosial yang tergabung dalam pegiat budidaya tanaman pangan, merasa lega. Karena mereka mendapatkan bantuan sumur bor air bawah tanah sekaligus juga disubsidi bahan bakar untuk mengaktifkan mesin penyedot air. Sepuluh tahun yang lalu mereka tampak senang karena dapat memanen tanaman pangan tanpa mengenal musim. Namun nasib mereka sekarang sedang dirundung sedih. Sumur bor mereka tidak lagi mengeluarkan air. Mereka hanya bisa menyedot air bercampur lumpur. Mungkin saja yang dibawah sana sedang mengering. Nasib kelompok sosial tersebut semakin parah ketika suhu bumi semakin panas. Mereka sekarang dipaksa bekerja di luar lahan. Mereka bekerja serabutan, sembari menanti turunnya hujan. 

Perubahan dari kelompok sosial petani menjadi pekerja serabutan merupakan contoh dari pengaruh perubahan iklim terhadap ....

a. gaya berpakaian 
b. bentuk rumah 
c. mata pencaharian 
d. seni pertunjukan 
e. menu makanan 

Soal Nomor 4

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati tahun 2023 melaporkan terdapat 44 desa di kabupaten  pati terdampak kekurangan air bersih. Dari sekian desa tersebut tersebut di 8 kecamatan, dengan jumlah desa terdampak paling tinggi adalah di kecamatan jaken dan jakenan. 

Dalam rangka menanggulangi dampak kekurangan air bersih yang berkelanjutan pada kelompok sosial masyarakat Jaken dan Jakenan, berikut ini yang paling tepat adalah .... 
a. menggerakkan komunitas rumah biopori
b. memberi bantuan air bersih 
c. menanam jagung dan lidah buaya
d. membuat embung untuk pertanian holtikultura
e. melaksanakan sholat istiskoq dan menyelenggarakan istighosah

Soal Nomor 5

Memberikan santunan dan subsidi yang dilakukan pemerintah kepada kelompok sosial miskin acapkali mendapat respon yang beda dari satu sama yang lainnya. Kelompok sosial yang setuju program tersebut tentu merasa terbantu. Namun ada juga kelompok sosial yang tidak setuju dengan program tersebut. Mereka beralaskan, program tersebut malah menjadi momok untuk menimbulkan mental ketergantungan dan tidak kreatif. Mereka beranggapan, program yang paling cocok dalam pengentasan kemiskinan adalah meluncurkan program pemberdayaan. 

Untuk masyarakat Jaken dan Jakenan yang memiliki produk unggulan hasil pertanian padi dan sayuran bawang merah, program pemberdayaan yang menurut kalian cocok adalah .... 

a. meluncurkan program subsidi pupuk subsidi untuk petani pada petani bawang merah
b. memberi akses pasar dalam menjual produk pertanian dengan harga kompetitif pada saat panen raya
c. memberi bantuan penyuluhan pupuk dan pengendalian hama alternatif pada saat terjadi kelangkaan pupuk dan serangan hama tanaman
d. pemerintah membeli hasil panen dengan harga pasaran tertinggi
e. menghentikan program pembangunan dan industrialisasi yang mengancam UMKM lokal 

Soal Nomor 6

Berdasar kronologi kultural historis-musikologis layak diyakini bahwa para pelaut dan pedagang Portugis yang baru mendarat di kawasan Asia Tenggara pada awal abad XVI mustahil membawa musik Fado yang baru mulai dikenal di Portugis pada abad XVIII. Menakjubkan bagi saya pribadi adalah kemampuan para pemusik Nusantara menyerap sukma musik Moresko yang dibawa oleh bangsa Portugis dari Eropa ke persada Nusantara. Kemudian para pemusik Nusantara asri mengolah serta indah mengembangkannya menjadi musik keroncong sebagai warisan mahakarya kebudayaan khas Indonesia dipersembahkan kepada dunia. (Artikel Kompas.com, Jaya Suprana, "Mencari Akar Musik Keroncong", www.kompas.com/tren/read/2023/11/07/173000265/mencari-akar-musik-keroncong). Dari potongan artikel tersebut, identitas musik yang dimiliki bangsa Indonesia adalah .... 

a. musik dado
b. musik dangdut 
c. musik pop 
d. musik keroncong 
e. musik campursari 

Soal Nomor 7

Berdasarkan laporan badan bahasa tahun 2011, terdapat 514 bahasa saerah. Menurut badan pusat statistik,  menyebutkan ada tren kelompok sosial anak muda cenderung meninggalkan bahasa daerah. Untuk generasi boomer masih fasih menggunakan bahasa daerah sebanyak 80 persen. Sedangkan untuk generasi Z yang menggunakan bahasa lokal sebanyak 69,9 persen. Menurut kalian, masalah ke depan sehubungan dengan menurunnya kelompok sosial menjadi penutur bahasa daerah adalah .... 

a. bahasa daerah akan kehilangan kelompok sosial pengikutnya
b. bahasa lokal akan diganti dengan bahasa nasional 
c. Bahasa lokal akan diserap menjadi bahasa nasional 
d. bahasa menjadi batas dunia 
e. bahasa yang kita punya akan menentukan bagaimana pemahaman kita akan agama

Soal Nomor 8

Menurut laporan Kompas (17 Oktober 2023) bencana kelaparan terus terjadi di wilayah Papua. Umbi-umbian dan dedaunan yang ditanam warga tidak dapat dikonsumsi akibat serangan hama yang datang di musim hujan. Guna mencegah hal itu terulang, masyarakat setempat perlu didorong membuat lumbung pangan mandiri dengan tanaman lokal. Berikut ini tanaman lokal yang dimiliki kelompok sosial masyarakat Papua adalah .... 
a. ulat sagu
b. gandum 
c. padi
d. sagu
e. roti

Soal Nomor 9

Ingin bertemu teman hingga menerima tamu, warung kopi kerap menjadi pilihan. Entah kenapa tempat bercakap yang satu ini menjadi pilihan pertemuan anak muda hingga orang tua. Tentu saja bukan hanya karena kekhasan rasa kopinya. Warung kopi telah menjadi ruang terbuka bagi siapa saja. Bahkan mereka dapat berbincang dengan tema apa saja. Kerap kali pula, ragam kelompok sosial saling berjejaring dalam merencanakan kegiatan sosial bersama. Berdasarkan fenomena warung kopi tersebut, dalam konteks kelompok sosial, fungsi warung kopi adalah .... 

a. perubahan sosial 
b. tindakan sosial 
c. mobilitas sosial 
d. konflik sosial 
e. interaksi sosial 

Soal Nomor 10

Berikut ini merupakan gambaran singkat tentang hasil pengamatan Kelompok Sosial Seni Jathilan Laskar Kencana hasil wawancara Nur Kamilah Eka Putri dkk terhadap narasumber/informan. 

Kelompok Sosial Seni Jathilan Laskar Kencana merupakan bagian dari strategi pemajuan desa melalui program pemberdayaan yang ada. Selian berfungsi untuk menyalurkan kreativitas seni anak-anak muda yang tergabung dalam karang taruna, Kelompok Sosial Seni Jathilan Laskar Kencana hadir untuk menggerakkan ruang ekonomi kreatif desa. Hal ini dapat dilihat adanya kolaborasi antara kelompok seni dengan resto laskar kencana yang dikelola oleh KarangTaruna desa. 

Menanyakan biodata narasumber/ informan saat memulai wawancara cukup penting.  Dilihat dari pedoman wawancara, fungsi seorang interviewer dalam menanyakan biodata informan adalah ... 

a. biodata informan berfungsi untuk daftar lampiran dalam menyusun laporan
b. biodata informan berfungsi untuk mengetahui siapakah informan yang akan kita wawancarai
c. melalui informasi tentang siapakah informan, interviewer dapat mengembangkan wawancara berdasarkan latar belakang sosial budayanya
d. untuk mempermudah proses penyususnan laporan dan publikasi laporan di blog
e. Informan merupakan narasumber utama dalam sebuah wawancara yang perlu dihormati dengan cara menggunakan bahasa pengantar sehari - hari saat proses wawancara  

Soal Nomor 11

Berikut ini merupakan hasil pengamatan siswa dalam mengetahui asal- usul sebuah kelompok sosial karya Gita Ramadhani dkk

Kelompok Sosial Rebana Musalla An-Nur merupakan bagian dari rekayasa sosial masyarakat dalam menyediakan ruang sosial anak-anak muda di desa Karangrejo Dukuh Karangboyo RT 01 RW 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Disinilah mereka belajar seni vocal dan musik tabuh. Berangkat dari ide agar Musalla An-Nur eksis secara sosial, ruang sosial di bidang seni tradisi ini telah berfungsi menjadi kontrol dari perilaku sosial. Lambat laun keberadaan kelompok sosial ini semakin meluaskan fungsinya. Ruang sosial seni rebana tidak hanya berkutat pada identitas sosial musalla saja. Fungsi turunan lainnya juga dipancarkan diantara menjadi media untuk wisata religi dan media transaksi ekonomi di bidang seni.

Dalam hal menyusun laporan penelitian kelompok sosial, peneliti diharapkan mampu menghubungkan antara asal usul tempat tinggal terhadap  tindakan keseharian kelompok sosial yang bersangkutan. Fungsi mengetahui asal usul kelompok sosial terhadap tindakan sosial sebuah kelompok sosial adalah ....

a. peneliti dapat menjelaskan asal usul kelompok sosial
b. peneliti dapat menjelaskan tindakan sosial kelompok sosial
c. membangun laporan penelitian kelompok sosial yang sistematis dan logis
d. asal usul sebuah kelompok sosial dapat diduga mempengeruhi tentang pengetahuan, tingkah laku, dan produk yang dimiliki dan dihasilkan oleh sebuah kelompok sosial
e. kelompok sosial merupakan kumpulan anggota masyarakat yang memiliki harapan yang ingin dicapai bersama dengan cara yang disepakati bersama pula  

Soal Nomor 12

Konsep kelompok sosial mulai meluas. Hal ini dapat dilihat dari identifikasi Nur Kamilah dkk yang mengangkat fenomena Ziarah di makam seorang tokoh masyarakat yang bersemayam di Menara Kudus. Seperti halnya kelompok sosial lainnya, fungsi yang dipancarkan dari tindakan sosial ziarah adalah mengenal sosok tokoh yang dapat dijadikan rujukan akan pengetahuan dan tindakannya. Selain itu, pancaran fungsi lain dari fenomena ziarah adalah menggerakkan ekonomi kawasan. Hal ini dapat dilihat semakin bergeliatnya transaksi ekonomi di bidang transprotasi dan kuliner serta oleh-oleh setiap ada event sosial ziarah. 

Tokoh masyarakat merupakan hal penting diketahui saat melakukan penelitian kelompok sosial. Dengan mengetahui  siapa saja tokoh masyarakat, sebuah kelompok sosial akan terpetakan tentang siapa yang memimpin dinamika sebuah kelompok sosial tersebut. Jika suatu ketika tokoh masyarakat yang bersangkutan telah meninggal, informan yang layak diwawancarai untuk mengetahui keberadaan tokoh masyarakat tersebut adalah ...

a. anggota keluarga dari tokoh masyarakat yang telah meninggal 
b. tetangga yang tempat tinggalnya berdampingan dengan tokoh masyarakat 
c. mencari jejak digital dari tokoh masyarakat yang bersangkutan 
d. orang yang diduga mengetahui siapakah tokoh masyarakat tersebut
e. siapa saja dapat menjadi tokoh masyarakat tanpa memandang garis keturunan 

Soal Nomor 13

Berikut ini merupakan hasil pengamatan sebuah kelompok sosial karya Dyah Ayu Melati Sari dkk.

Kelompok Sosial Al- Berzanji merupakan bagian dari kegiatan sosial keagamaan atau dapat dibilang bagian dari kelompok seni keagamaan. Dalam laporannya, kegiatan membaca sejarah Nabi Muhammad SAW telah difungsikan untuk meramaikan kegiatan tradisi merayakan kelahiran anak, khitanan, dan perkawinan. Dalam deskripsi hasil pengamatan juga disampaikan, kegiatan membaca sejarah kenabian tersebut juga telah menjadi ruang interaksi sosial warga serta berdampak dalam merajut ikatan sosial antar warga. 

Berdasarkan isi dari pertanyaan tersebut, tema penelitian kelompok sosial yang tepat adalah ....

a. masalah tata ruang masyarakat 
b. asal usul kelompok sosial
c. sumber pangan dan tata letaknya
d. fungsi turunan seni keagamaan
e. peninggalan barang kuno yang masih ada 

Soal Nomor 14

Studio foto merupakan bagian dari turunan dari kegiatan ekonomi pada masyarakat digital. Jasa dan produk yang ditawarkan adalah mendokumentasikan moment. Kegiatan melukis dengan cahaya ini, menurut Andi Dwi Saputra dkk, kerap berinteraksi dengan pelanggan untuk melakukan foto maternity, prewedding couple, wedding, self potret, self potret group, birthday photoshoot, family photoshoot, graduation photoshoot, dll. Dari laporannya tampak, jasa dokumentasi ini berjejaring dengan event tradisi. Jasa dokumentasi ini juga tampak berjejang dengan kelompok sosial digital lainnya dalam mempromosikan fungsinya. Inilah potret kelompok sosial masyarakat digital saat ini. 

Berdasarkan gambaran singkat dari laporan Andi Dwi Saputra, tema penelitian kelompok sosial yang tepat adalah ....

a. peran kelompok sosial dalam masyarakat digital 
b. peran kelompok sosial dalam mengatasi masalah pendidikan 
c. peran kelompok sosial dalam masyarakat modern 
d. peran kelompok sosial dalam mengatasi masalah lapangan pekerjaan 
e. peran kelompok sosial dalam masyarakat tradisional   

Soal Nomor 15

Dalam rangka mengedepankan prinsip kebermanfaatan kegiatan pembelajaran untuk masyarakat, tindak lajut dari kegiatan pembelajaran kelompok sosial dalam sosiologi adalah semua peserta didik mempublikasikan produk pembelajaran melalui medsos. Dengan melakukan hal tersebut, pembelajaran kelompok sosial dapat membantu mempromosikan potensi desa yang dikunjungi. 

Produk pembelajaran yang berisikan tentang visualisasi keseharian masyarakat desa disebut ...

a. artikel dokumenter 
b. foto dokumenter 
c. video dokumenter 
d. film dokumenter 
e. audio dokumenter 

Soal Nomor 16

Pendahuluan merupakan bagian awal laporan yang memuat tiga sub yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan. Tiga hal tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Maksud dari hal tersebut adalah antara latar belakang dengan rumusan masalah beserta tujuan saling terkait satu sama yang lain. Latar belakang akan menentukan rumusan masalah yang dipilih, dan rumusan masalah akan menentukan sebuah tujuan. 

Berikut ini yang termasuk contoh tulisan yang memuat latar belakang adalah ....

a. mungkin dalam pikiran kita masih terngiang-ngiang terhadap suporter yang identik dengan kelompok sosial berasa kerumunan dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kelompok yang dibela
b. tampak, warung menjadi kunci dalam mempertemukan anggota dan kelompok sosial lainnya
c. studio foto merupakan bagian dari turunan dari kegiatan ekonomi pada masyarakat digital, dimana jasa dan produk yang ditawarkan adalah mendokumentasikan moment 
d. kegiatan membaca sejarah Nabi Muhammad SAW telah difungsikan untuk meramaikan kegiatan tradisi merayakan kelahiran anak, khitanan, dan perkawinan. 
e. tampak panorama persawahan dalam perjalanan kami, melintasi jalan berbingkai rumput desa.

Soal Nomor 17

Perhatikan deskripsi sebuah laporan seorang siswa yang sedang melakukan pengamatan Bakul Jamu di sebuah pedesaan. a

Tampak panorama persawahan dalam perjalanan kami, melintasi jalan berbingkai rumput desa. Jalan yang kami lintasi berada di atas bukit dan pegunungan, kiri jurang dan kanan pun jurang. Kami harus lebih waspada saat melintasi medan yang berliku-liku dan menanjak. Naungan tajuk  pepohonan dan angin sepoi-sepoi membuat perjalanan kami menjadi luar biasa. 

Deskripsi tulisan tersebut merupakan jenis laporan pembelajaran dengan pendekatan ....

a. cerita sejarah 
b. cerita perjuangan 
c. cerita perjalanan 
d. deskripsi potret keseharian masyarakat 
e. deskripsi potret informan 

Soal Nomor 18


Seseorang rang yang bertanggung jawab menetralkan ruang saat mendokumentasi penelitian sebuah kelompok sosial dari gangguan apapun sehingga kegiatan berjalan dengan baik disebut ...

a. penulis naskah 
b. interviewer 
c. blocking area 
d. videografer 
e. fotografer 

Soal Nomor 19

Interviewer adalah orang yang berperan dalam mewawancari informan dalam sebuah cerita yang diangkat dalam film dokumenter. Peran interviewer dalam film dokumenter akan memancarkan informasi yang bermakna. Dalam proses pembuatan film dokumenter, etika interviewer memiliki hukum sendiri alias tidak seperti interviwer lainnya. Hal ini disebabkan karena seorang interviewer tidak hanya bertugas mendapatkan jawaban informan, tetapi juga mendapatkan informasi tentang jawaban dari respon yang ditanyakan. 

Peran interviewer dalam membuat film dokumenter adalah ....

a. agar alur dan pesan yang disampaikan dalam  film dokumenter dapat ditangkap oleh pemirsa
b. agar notulis dapat mendokumentasikan informasi yang disampaikan informan 
c. agar videografer mudah saat pengambilan gambar 
d. membantu editor saat mengolah bahan video yang didapat 
e. membantu direktur dalam merancang skenario film dokumenter 

Soal Nomor 20


Film dokumenter ini berisikan tentang gambaran masyarakat pemulia pangan lokal. Fokus film ini adalah mengabarkan tentang pengetahun, teknologi, dan produk pangan lokal yang masih ada. Melalui film ini, pemirsa dapat menghubungkan seberapa hubungan antara pangan lokal dengan struktur sosial.

Dalam film dokumenter, deskripsi tersebut dapat dimuat pada bagian ....

a. teks pengantar
b. opening film
c. teks crew
d. ulasan masalah 
e. potret keseharian masyarakat 

Soal Nomor 21

Perhatikan foto pasar berikut ini!

 
Deskripsi yang tepat dalam menyampaikan visualisasi data laporan masalah sosial kelompok sosial pasar tradisional glonggong jakenan pati jawa tengah adalah .... 

a. pasar tradisional masih tampak terlihat kumuh 
b. pasar tradisional masih ditemukan keadaan yang tidak nyaman, diantarnya; jalan masuk dan penghubung antar toko, toko, bakul lesehan, tempat cuci tangan, parkir, jasa kuli, kebersihan toko, aroma, dan transportasi.
c. Pasar tradisional tidak terdapat resapan
d. pasar tradisional masih ditemukan pungutan liar dintaranya pada layanan parkir dan wc/kamar mandi. 
e. masalah fasilitas dipasar tradisional yang tersedia diantaranya adapun kekumuhan tersrbut dapat dilihat diantaranya; kantor pasar, selokan, bakul lesehan, kamar mandi/ wac, jarak antar toko, kebersihan toko, aroma pasar, dan transportasi pasar.

Soal Nomor 22

Kelompok siswa sedang melakukan wawancara dengan pengusaha batik tulis di Lasem. Mereka melakukan wawancara tematik kelompok sosial. 


Adapun informasi yang didapat adalah sebagai berikut; 

(1). masuk kerja paling lambat pukul 08.00, jika lebih dari itu maka tidak mendapat uang jajan pada hari tersebut.
(2) dengan sistem borongan pekerja bebas untuk istirahat, makan, salat/aktivitas yang lain dengan syarat bertanggung jawab dengan batiknya. 

Dalam kajian kelompok sosial, siswa tersebut mendapat informasi tentang .....

a. syarat terbentuknya kelompok sosial 
b. syarat menjadi anggota kelompok sosial 
c. masalah-masalah kelompok sosial 
d. masa depan kelompok sosial 
e. pemajuan kelompok sosial 

Soal Nomor 23

Suatu ketika para siswa SMA Negeri 1 Jakenan melakukan wawancara terhadap kelompok sosial batik tulis, tepatnya Batik Tulis Bakaran Pati Jawa Tengah. 

Saat wawancara, para siswa mendapatkan informasi tentang ciri dan kekhasan batik Sumber Rejeki terletak pada motifnya, yaitu bermotif baganan, motif tiga negeri, dan sekar jagat. Aturan keanggotaan kelompok pegawai batik ini, biasa berangkat jam setengah delapan, istirahat pukul dua belas siang selama tiga puluh menit, dan pulang kerja sekitar jam empat sore.

Dalam kajian kelompok sosial, siswa tersebut mendapat informasi tentang .....
a. ciri khas kelompok sosial 
b. karakteristik anggota kelompok sosial 
c. masalah-masalah kelompok sosial 
d. konflik kelompok sosial 
e. pemajuan kelompok sosial 

Soal Nomor 24

Fenomena menarik saat ini adalah munculnya kegiatan sholawatan dengan menggunakan panggung besar dan melibatkan banyak orang. Kegiatan yang didalamnya memuat lantun pujian ini dapat diikuti oleh anggota masyarakat tanpa memandang kelas sosial, terlebih para pelajar sekolah dan santri pondok pesantren. Syair dan liriknya pun dengan mudah didapatkan di portal youtube dan media sosial. Dan dua kelompok besar sholawatan yang kerap hadir setiap ada event sholawatan adalah kelompok sosial Shekhermania dan Zahirmania. Mereka mengaku, kehadiran mereka berkeinginan untuk meningkatkan derajat dan kebaikan, menghapuskan keburukan, hingga menambah pahala. 

Berdasarkan jenisnya, kelompok sholawatan termasuk jenis kelompok sosial ....

a. membership group
b. kelompok sekunder
c. in group
d. out group
e. reference group    

Soal Nomor 25


Perhatikan foto kelompok sholawatan berikut ini! 

Kelompok sosial dapat terjadi karena adanya faktor kesamaan mulai dari kesamaan geneologi, geografis, kepentingan, dan keyakinan. Adapun kelompok sholawatan termasuk kelompok sosial yang tumbuh karena adanya keyakinan tentang meningkatkan derajat dan kebaikan. 

Berdasarkan informasi tersebut, kelompok sholawatan termasuk kelompok sosial yang terbentuk karena .....

a. kesamaan geneologi 
b. kesamaan geografis 
c. kesamaan kepentingan 
d. kesamaan keyakinan 
e. kesamaan tempat tinggal dan daerah asal 

Soal Nomor 26


Hasil pengamatan yang dilakukan oleh Edi Sulistiyo tentang warung kelontong menarik untuk dicermati. Sekilas, hasil pengamatan ini salah alamat. Hal ini dapat dilihat dari keberadaan satu warung yang tampak tidak berjejaring dengan warung kelontong lainnya. Namun jangan salah, mungkin saja ini karena sudut pandang penulis yang cenderung menekankan pada interaksi sosial warung terhadap orang dan warga yang ada di sekitar lokasi warung. Tampak, warung menjadi kunci dalam mempertemukan anggota dan kelompok sosial lainnya.

Dari hasil pengamatan Edi Sulistiyo, dapat diketahui bahwa .....

a. keberadaan warung dapat menggerakkan kelompok sosial lainnya
b. keberadaan warung dapat menurukan dan melahirkan kelompok sosial lainnya 
c. keberadaan warung dapat memberi akses kepada pembeli untuk saling bertemu dengan para penjual 
d. keberadaan warung dapat meningkatkan taraf hidup keluarganya 
e. keberadaan warung dapat memberi informasi anak sekolah yang bolos sekolah 

Soal Nomor 27


Berikut ini merupakan ulasan singkat tentang hasil pengamatan Muqtafa Arshadad tentang kelompo sosial Suporter SMA N 1 Jakenan.

Mungkin dalam pikiran kita masih terngiang-ngiang terhadap suporter yang identik dengan kelompok sosial berasa kerumunan dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kelompok yang dibela. Mungkin juga dalam pikiran kita masih lekat dengan sikap fanatisme yang berlebih terkadang dinanti dalam rangka mensuport semangat terhadap kelompok yang sedang berkompetisi. Sedangkan apa yang ada dalam laporan pengamatan tersebut, berbeda. Adalah kelompok sosial SPOEJA (Suporter Elite Smanja). Nama boleh sama, yaitu suporter. Tetapi kelompok yang satu ini tidak kerumunan. Bukan juga publik dan juga bukan massa. Dalam laporannya, SPOEJA identik dengan jenis kelompok sosial nyata. Hal dapat dilihat, untuk menjadi anggota  superter SMANJA harus dengan lima syarat. Pertama, cinta dan berani berkorban untuk sekolah. Kedua, tidak membeli atau mengkonsumsi minuman beralkohol dan narkoba. Ketiga, menjadi suporter yg sehat jasmani dan rohani. Keempat, tidak merokok. Dan kelima tidak melakukan tawuran dan merusak fasilitas. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi link berikut ini. 

Berdasarkan identifikasi sebuah kelompok sosial, Suporter SMA N 1 Jakenan termasuk ,,,,,

a. kelompok kemasyarakatan
b. kelompok masyarakat khusus
c. kelompok asosiasi
d. kelompok statistik
e. kelompok semu 

Soal Nomor 28

Namanya adalah Rukayah, penduduk asli desa Balongmulyo kecamatan Kragan kabupaten Rembang. Beliau lahir tahun 1972. Sejak kecil Rukayah membuat gerabah untuk membantu orang tuanya. Sepeninggal orang tuanya, Rukayah meneruskan usaha membuat gerabah hingga sekarang. Saat ini Rukayah memiliki dua orang karyawan, seiring minat anak-anak muda yang lebih memilih bekerja di pabrik dan koperasi. 

Berdasarkan kisah tersebut, Rukayah merupakan anggota kelompok sosial yang terbentuk karena ...

a. kesamaan geneologi 
b. kesamaan geografis 
c. kesamaan kepentingan 
d. kesamaan keyakinan 
e. kesamaan tempat tinggal dan daerah asal 

Soal Nomor 29


Pertanyaan merupakan keingintahuan anggota masyarakat dalam merespon fenomena sosial dan atau gejala alam. Berdasarkan nilainya, terdapat dua jenis pertanyaan yaitu pertanyaan baik dan pertanyaan buruk. Berikut ini yang termasuk contoh pertanyaan fenomena sosial adalah ....

a. bagaimana caranya agar cagar budaya yang ada di desa naik statusnya menjadi cagar budaya nasional?
b. mengapa anak-anak desa saat ini suka berkumpul di warung kopi? 
c. sedekah bumi dan sedakah laut merupakan ekspresi ucapan syukur masyarakat desa dan masyarakat nelayan dalam menikmati hidup yang damai 
d. apa yang menyebabkan munculnya fenomena el Nino
e.  mengapa di dalam rumah tangga kerap kali ada perselisihan antara anak dan orang tua? 

Soal Nomor 30

Jawaban merupakan proses kreatif dalam mengolah informasi secara sistematis dan logis sebagai upaya dalam merespon sebuah pertanyaan. Berikut ini yang termasuk deretan informasi yang dapat digunakan dalam menjawab sebuah pertanyaan yang sesuai dengan kaidah tersebut adalah .... 

a. untuk menjawab pertanyaan mengapa terjadi peningkatan dalam penggunaan pulsa, seorang peneliti perlu memiliki informasi tentang pandangan penjual pulsa 
b. untuk menjawab pertanyaan mengapa peternak mengambil rambanan milik orang, dibutuhkan informasi dari pemilik rambanan 
c. dalam menjawab rumusan masalah tentang bagaimana menyiapkan diri agar siswa SMA mendapatkan beasiswa kuliah, perlu disiapkan informasi tentang pengalaman alumni SMA yang berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di dalam negeri dan juga ke luar negeri
d. untuk mendapatkan data tentang kelompok sosial mana saja yang tidak berdaya, perlu dilakukan penelitian tentang keluarga miskin 
e. untuk mendapatkan data keluarga bahagia, perlu dilakukan survey terhadap kasus kekerasan dalam rumah keluarga

Soal Nomor 31

Berikut ini jenis kelompok sosial yang sifatnya sementara, yaitu...
a. Orang-orang dalam satu lingkungan RT yang sedang kerja bakti
b. Orang-orang berdemonstrasi menuntut upah dinaikan
c. Orang-orang berkerumun melihat kecelakaan lalu lintas
d. Anggota OSIS sedang mengikuti rapat kegiatan bulan bahasa
e. Anak-anak sedang bermain di kawasan cagar budaya kabupaten Pati 

Soal Nomor 32

Survei merupakan model pengumpulan data secara cepat dan akurat yang biasanya dengan menggunakan teknik pengamatan terbatas, wawancara terbatas, dan pengisian kuesioner. Berikut ini merupakan perbedaan pengumpulan data survei dengan teknik pengamatan, wawancara, dan kuesioner adalah .....

Pilihan

Pengamatan

Wawancara

Kuesioner

a

memotret

merekam

mendokumentasikan

b

memandang

bercerita

melihat

c

melihat 

bercakap

menulis

d

memandang

mendengarkan

menulis

e

memotret

bercakap

melihat


Soal Nomor 33

Kelompok sosial Sambi Budhoyo merupakan kelompok sosial yang ada di desa Pamotan kecamatan Pamotan kabupaten Rembang, tepatnya di dukuh Sambikalung. Kelompok sosial ini aktif berkegiatan seni tari sejak tahun 2003 hingga sekarang. Anggota kelompok ini terdiri dari anak-anak, remaja, dan pendampingan aktif dari ibu-ibu dukuh Sambikalung. Pertunjukan yang kerab dipentaskan kelompok sosial ini adalah tari orek-orek khas sambukalung.  

Dalam melakukan penelitian kelompok sosial, asas keunikan dan nilai penting menjadi prioritas. Berikut ini yang termasuk asas keunikan dan nilai penting yang dapat menjadi pilihan ketika kelompok sosial sambi budhoyo diteliti adalah .... 

a. pelestarian tari orek – orek, yaitu dengan cara berlatih menari dalam suatu kumpulan beberapa minggu sekali untuk pentas - pentas yang akan datang
b. dalam acara tahun baru masehi mengadakan kegiatan pentas – pentas yang tradisional sampai modern
c. setiap tahun baru islam dalam kelompok membuat acara drama tentang anak muda dan yang ber adegan kelompok anggota yang muda, dan yang sudah tua hanya membantu atau mengawasi ber jalannya drama
d. mengikut sertakan dalam acara karnaval, yaitu di adakannya keliling desa pamotan dengan berbagai macam tema yang di tampilkan dan ada beberapa petunjukan seperti tari orek - orek
e. mengikut sertakan dalam acara tumpengan, yaitu seperti acara sedekah desa yang dalam suatu kelompok sosial tersebut berfikir kreatif untuk menghias dan berkesan mewah tetapi hanya menggunakan biaya yang tidak mahal. 

Soal Nomor 34

Tindakan siswa yang tepat untuk mendukung program pemajuan kebudayaan melalui teknologi tradisional pada sebuah masyarakat yang memiliki kelompok sosial gerabah adalah .... 

a.  membeli sebanyak-banyaknya produk gerabah pesisiran 
b. membuat gerabah dengan teknik tradisional 
c. mengunjungi kelompok sosial gerabah balongan menjadi sumber belajar 
d. memberi bantuan kelompok sosial gerabah balongan dengan semaksimal mungkin 
e. mendorong pemerintah setempat untuk melakukan program pemberdayaan sosial gerabah balongan

Soal Nomor 35

Perhatikan foto kelompok sosial Reog Ponorogo Sari Langgeng Budoyo berikut ini. 










Dalam foto tersebut, tampak para siswa sedang melakukan penelitian kelompok sosial. Dalam laporannya, menyampaikan informasi bahwa foto ini diambil setelah melakukan pengamatan tentang beberapa koleksi-koleksi reog yang dimiliki Mbah Urip yang ada di desa Sumbergiran, Lasem. Dan yang dipegang Mbah Urib tersebut adalah topeng genderuwo. Gendruwo merupakan reog yang banyak peminatnya atau banyak digunakan saat tampil.

Berdasarkan informasi yang disampaikan dalam laporan penelitian tersebut, siswa menggunakan data visual dalam bentuk foto yang berfungsi untuk .... 

a. foto berfungsi untuk update status tentang siapa melakukan apa, agar yang bersangkutan dianggap ada
b. foto berfungsi untuk pelengkap dokumentasi keluarga agar penerus keluarga tidak kehilangan jejak dan perjuangan selanjutnya 
c. foto berfungsi untuk melengkapi sumber tertulis yang mampu menguatkan tentang pesan apa yang akan disampaikan dalam laporan penelitian 
d. foto berfungsi untuk kenang-kenangan dimana pernah terjadi peristiwa penelitian kelompok sosial reog
e. foto berfungsi untuk menyajikan suatu produk atau karya seni kepada khalayak ramai serta untuk mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan

Soal Nomor 36


Dalam mempublikasikan penelitian kelompok sosial berbasis digital, para siswa perlu menguasai teknik menulis artikel dan mengedit video. Dalam hal mempublikasikan hasil penelitian kelompok sosial, berikut ini yang termasuk nilai penting artikel dan video adalah ... 

a. kelompok sosial dapat terpublikasikan ke masyarakat 
b. kelompok sosial mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah setelah viral 
c. kelompok sosial akan lestari dan tidak bakal punah 
d. masyarakat akan mendapatkan kabar tentang keunikan kelompok sosial, dan kelompok sosial yang tidak penting akan hilang dengan sendirinya 
e. masyarakat akan mendapatkan kabar tentang pengetahuan, keterampilan, dan produk unik yang dimiliki kelompok sosial    

SOAL URAIAN 

41. Uraikan gagasan kalian tentang bagaimana konsep Persatuan Indonesia dalam rangka membangun kelompok sosial yang berdaya! 

42. Bagaimana pandangan kalian tentang tren kelompok pelajar yang doyan bermain game di kelas! Berikan prediksi tentang dampak yang terjadi! Serta bagaimana solusi yang tepat dalam merespon tren tersebut! 

43. Bagaimana pandangan kalian terhadap kelompok sosial di sekitar tempat tinggal kalian yang saat ini terancam karena generasi penerusnya lebih memilih pekerjaan lain!  

44. Susunlan sebuah rencana membentuk kelompok sosial yang menurut kalian dapat berperan/ berfungsi menjaga ketersediaan air di dalam tanah!

45. Susunlah sebuah rencana membentuk kelompok sosial yang menurut kalian dapat mengurangi emisi karbon! 


Penulis soal adalah Suhadi, guru sosiologi di SMA Negeri 1 Jakenan.

Komentar

Postingan Populer