KOMPETENSI PADA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila:

1. Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

a. Akhlak beragama
b. Akhlak pribadi
c. Akhlak kepada manusia
d. Akhlak kepada alam
e. Akhlak bernegara

Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa
Pemahaman Agama/Kepercayaan
Pelaksanaan Ritual Ibadah
Integritas
Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan
Berempati kepada orang lain
Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi
Menjaga Lingkungan Alam Sekitar

2. Dimensi Berkebhinekaan Global

a. Mengenal dan menghargai budaya
b. Komunikasi dan interaksi antar budaya
c. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan
d. Berkeadilan Sosial

Mendalami budaya dan identitas budaya
Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya dan praktiknya
Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya.
Berkomunikasi antar budaya
Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif.
Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan.
Menghilangkan stereotip dan prasangka.
Menyelaraskan perbedaan budaya
Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan
Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama
Memahami peran individu dalam demokrasi

3. Dimensi Bergotong Royong

a. Kolaborasi
b. Kepedulian
c. Berbagi

Kerja sama
Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama
Salingketergantungan positif
Koordinasi Sosial
Tanggap terhadap lingkungan Sosial
Persepsi sosial

4. Dimensi Mandiri 

a. Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
b. Regulasi diri

Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi
Mengembangkan refleksi diri
Regulasi emosi
Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya
Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri
Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri
Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif

5. Dimensi Bernalar Kritis

a. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
b. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
c. Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri
Mengajukan pertanyaan
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan

6. Dimensi Kreatif

a. Menghasilkan gagasan yang orisinal
b. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
c. Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Sumber berkas: Kemendikbud Ristek. 2024. KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 032/H/KR/2024 TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PADA KURIKULUM MERDEKA. Jakarta. KemendikbudRistek.  

Komentar

Postingan Populer