Kisi-kisi Rencana Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Fase F - Kelas XII


Materi Perubahan Sosial 
  1. Siswa mendapatkan peta teori perubahan sosial dari masa ke masa [download]
  2. Siswa mendapatkan materi terjadinya perubahan sosial [download]
  3. Siswa mendapatkan tren/ gaya perubahan sosial di Indonesia dan kawasan sekitar sekolah [download]  
  4. Siswa mendapatkan model perubahan sosial (aktor dan alat) di desa dan di kota [download] 
  5. Siswa mendapatkan gambaran hasil studi dokumen tentang kasus perubahan sosial: perubahan arsitektur rumah, perubahan tata ruang (penggunaan lahan), perubahan teknologi pertanian, perubahan teknologi tangkap ikan, perubahan pencukupan air rumah tangga, perubahan seni ketoprak, perubahan kelompok perkumpulan [download]
  6. Siswa menyusun rencana penelitian sosial dengan tema sesuai gambaran hasil studi dokumen [download]
  7. Siswa mendapatkan pendampingan dalam melakukan pengamatan dan wawacaran tentang tema penelitian perubahan sosial pilihan [download]  
  8. Siswa menyusun laporan hasil pengamatan dan wawancara dalam bentuk laporan tertulis, poster, dan video dokumenter [download]
  9. Siswa mempresentasikan hasil penelitian perubahan sosial melalui media digital [download] 
Materi Ketimpangan Sosial 
  1. Siswa mendapatkan materi tentang teori ketimpangan sosial [download]
  2. Siswa mendapatkan materi tentang terjadinya ketimpangan sosial [download]
  3. Siswa mendapatkan gambaran tentang kasus ketimpangan sosial ruang publik: lahan resapan, pohon jalan, lampu jalan, tempat pelelangan ikan, pasar tradisional, pasar hewan, tempat mengolah sampah [download]
  4. Siswa membuat produk yang didalamnya memuat tentang gerakan ketersediaan ruang publik: foto, poster, kaos, artikel, video [download]
Materi Eksistensi Kearifan Lokal 
  1. Siswa mendapatkan materi tentang kearifan lokal [download] 
  2. Siswa mendapatkan materi tentang kearifan lokal menjadi basis sistem pengetahuan: jajanan tradisional, jamu tradisional, punden desa, sumur jubin, pupuk organik, pestisida nabati, dll [download]    
  3. Siswa mendapatkan ulasan tentang kajian literatur dari beberapa tema tentang kearifan lokal untuk pemajuan kebudayaan [download]  
  4. Siswa menyusun rencana pengamatan dan wawancara tentang eksistensi kearifan lokal yang masih ada di daerah sekitar [download] 
  5. Siswa mendapatkan pendampingan saat melakukan penelitian eksistensi kearifan lokal [download]  
  6. Siswa menyusun rekomendasi program pemberdayaan sosial dari hasil penelitian eksistensi kearifan lokal dalam bentuk buku photografi kearifan lokal [download] 
  7. Siswa mempresentasikan hasil penelitian tentang eksistensi kearifan lokal kepada pihak-pihak yang berkepentingan [download]
Penyusun adalah Suhadi, guru Sosiologi di SMA Negeri 1 Jakenan, Pati, Jawa Tengah.

TP Yang diukur dan Tercapai dengan Optimal
TP yang diukur dan Perlu Peningkatan

Tujuan Pembelajaran 
memahami cara kerja perubahan sosial 
merancang dan praktik penelitian aktor perubahan sosial inspiratif
menyusun produk visual tematik advokasi ketimpangan sosial 
merancang pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal
melakukan pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal
mengevaluasi pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal

PENILAIAN FORMATIF
PENILAIAN SUMATIF LINGKUP MATERI
PENILAIAN SUMATIF AKHIR TAHUN

Komentar

Postingan Populer