Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Fase F - KELAS XII
Peserta didik mampu menganalisis berbagai perubahan sosial, ketimpangan sosial, eksistensi kearifan lokal dalam kehidupan komunitas akibat dampak globalisasi dan perkembangan teknologi informasi.
Peserta didik mampu memahami terjadinya perubahan sosial pada kelompok atau komunitas di tengah arus globalisasi dan mampu memberikan solusi terhadap dampak globalisasi dan perkembangan teknologi digital. Peserta didik juga mampu merancang strategi, melakukan dan mengevaluasi kegiatan/projek pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal.
Transformasi Pemahaman Konsep
- Perubahan Sosial:
- perubahan arsitektur rumah,
- perubahan tata ruang (penggunaan lahan),
- perubahan teknologi pertanian,
- perubahan teknologi tangkap ikan,
- perubahan pencukupan air rumah tangga,
- perubahan seni ketoprak,
- perubahan kelompok perkumpulan
- Ketimpangan sosial
- lahan resapan,
- pohon jalan,
- lampu jalan,
- tempat pelelangan ikan,
- pasar tradisional,
- pasar hewan,
- tempat mengolah sampah
- Eksistensi kearifan lokal
- jajanan tradisional,
- jamu tradisional,
- punden desa,
- sumur jubin,
- pupuk organik,
- pestisida nabati,
KETERAMPILAN PROSES
Peserta didik juga mampu melakukan penelitian dan mengomunikasikan hasil penelitian tentang perubahan sosial akibat globalisasi dan perkembangan teknologi informasi. Peserta didik juga mampu merancang, melakukan, mengevaluasi pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal, menjadi aktor atau turut serta dalam proses kewirausahaan sosial dan menyajikan serta mengkomunikasikan hasilnya. Peserta didik mampu merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif..
Peserta didik mampu mengamati fenomena sosial di Indonesia dan/atau dunia, serta membuat pertanyaan untuk menggali informasi secara mendalam tentang fenomena sosial yang terjadi. Selain itu, peserta didik mampu mengumpulkan informasi dari sumber primer dan sekunder, melakukan observasi partisipatif dan mendokumentasikan, menganalisis dan menguji keabsahan data, serta menarik simpulan dari informasi yang diperoleh. Kemudian, peserta didik mengomunikasikannya dalam bentuk
grafik, infografis, dan/atau tabel.
Peserta didik mampu merefleksikan hasil informasi, hasil observasi dan hasil dokumentasi yang diperoleh untuk ekspektasi di masa depan, serta merencanakan penelitian sosial lanjutan pada masyarakat yang lebih luas.
PRODUK CAPAIAN PEMBELAJARAN
- Riset Perubahan Sosial: laporan tertulis, poster, dan video dokumenter [download]
- Riset Ketimpangan Sosial: foto, poster, kaos, artikel, video [download]
- Riset Eksistensi Kearifan Lokal: buku photografi kearifan lokal [download]
TRANSFORMASI PRODUK PEMBELAJARAN
- Merancang program kewirausahaan sosial
Penyusun: Suhadi guru sosiologi di SMA Negeri 1 Jakenan
Komentar
Posting Komentar