Rekayasa Sain dan Teknologi Warna Kehidupan

Berikut ini merupakan hasil identifikasi sebaran muatan capaian pembelajaran dari lintas mata Pelajaran yang dapat diintegrasikan dengan materi pembelajaran membuat cat dari bahan pewarna alam. 
Melalui sajian hasil identifikasi ini, dapat digunakan pemetaan tentang daya dukung dan daya tolak dari materi pembelajaran tersebut. Materi pembelajaran membuat cat dengan bahan pewarna alam ini dapat diinteraksikan dengan program P5, sekaligus program P5 yang unik. Program P5 unik adalah kegiatan pembelajaran yang dipayungi kegiatan P5 yang sekaligus dapat digunakan untuk menyiapkan pemajuan sekolah yang memiliki produk unggulan sekolah sebagai cermin dari keseriusan sekolah dalam menerapkan ilmu pengetahuan dengan bantuan rekayasa teknologi hingga pada sumber daya sosial. 

Antropologi 
Kemampuan menganalisis fenomena representasi identitas dan rekonstruksi sosial, poskolonial, hibriditas budaya, serta globalisasi dan komodifikasi budaya yang menyertainya dalam hal warna. 
Peserta didik mampu mengomunikasikan hasil penelitian tentang berbagai keragaman manusia dalam mengenal dan menggunakan pewarna alam secara sosial dan budaya. 
Peserta didik mampu merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif tentang pewarna alam untuk dibuat bahan cat. 
Peserta didik mampu menjadi pelaku budaya yang beradab di tengah disrupsi kebudayaan dengan cara memproduksi dan menggunakan cat untuk mewarnai bangunan rumah fasilitas budaya. 

Bahasa Indonesia 
Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan mempresentasikan serta menanggapi informasi nonfiksi tentang pewarna alam (fase E)
Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya melalui bahan pewarna alam dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa. (Fase F)

Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut
Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk berkarya melalui bahan pewarna alam dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia melalui teks multimodal. Peserta didik mampu mengapresiasi sastra Indonesia dan dunia serta mengembangkan kreativitas. (Fase F)

Bahasa Inggris 
Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan keinginan/perasaan dan berdiskusi mengenai topik yang dekat dengan keseharian yaitu tentang cat pewarna rumah (Fase E)
Peserta didik membaca teks tulisan untuk mempelajari sesuatu/mendapatkan informasi dan untuk kesenangan melalui pewarna alam atau cat 
Bahasa Inggris Tingkat Lanjut 
Peserta didik menggunakan teks lisan, tulisan dan visual dalam bahasa Inggris untuk berkomunikasi sesuai dengan situasi, tujuan, dan target pemirsa/pembacanya dalam berbagai jenis teks narasi, eksposisi, diskusi, teks sastra, teks otentik, dan/atau multiteks dalam berbagai macam topik termasuk isu sosial dan konteks budaya, khususnya dalam penggunaan warna cat untuk mengekspresikan dirinya dan keluarganya.

BIOLOGI 
Peserta didik mampu menerapkan dan mengembangkan teori pewarisan sifat warna alam pada tumbuhan dengan keterampilan inkuiri sains mereka dalam memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari yaitu menemukan warna cat yang sesuai dengan karakter dan identitas sosial masyarakat. (Fase F) 
Peserta didik mampu menerapkan teori evolusi dan mengaitkannya dengan biodiversitas di masa kini maupun pada masa lampau serta hubungannya dengan perubahan iklim dengan warna alam yang dimiliki tumbuhan. (Fase F) 
Peserta didik mencatat, merumuskan hipotesa, mengumpulkan data secafra akurat dengan instrument manual hingga digital, mencari pola dan kecenderungan-kecenderungan, membaca relasi antar variable (konsisten vs inkonsisten), dan menarik simpulan yang konsisten terhadap tumbuhan penghasil warna alam untuk dibuat cat. (Fase F)

Ekonomi 
Peserta didik memberikan solusi pemecahan masalah terhadap berbagai permasalahan ekonomi dalam mencukupi kebutuhan car warna rumah. 
Peserta didik mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengorganisasikan informasi, menarik kesimpulan, mengomunikasikan, dan merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif dalam ruang lingkup ekonomi makro, ekonomi internasional, dan akuntansi keuangan dasar dalam merancang membuat produk cat rumah dari warna alam. (Fase F)

Fisika 
Peserta didik mampu menerapkan dan mengembangkan keterampilan inkuiri sains mereka tentang konsep fluida (pengadukan cairan bahan cat/ pelarut dalam mixer cat) dan termodinamika (penggunaan mesin penggerak dalam mengaduk bahan menjadi cat) (Fase F)
Peserta didik mencatat, merumuskan hipotesa, mengumpulkan data secafra akurat dengan instrument manual hingga digital, mencari pola dan kecenderungan-kecenderungan, membaca relasi antar variable (konsisten vs inkonsisten), dan menarik simpulan yang konsisten dengan pendekatan teori fluida dan termodinamika terhadap pengadukan bahan cat dan alat pengaduknya. (Fase F)

Geografi 
Peserta didik mengetahui keuntungan posisi strategis wilayah Indonesia dan sumber daya alam yang memiliki pola keanekaragaman hayati pewarna alam untuk membuat cat (Fase F)
Peserta didik merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif dalam rangka meningkatkan pemahaman terhadap kerja sama antarwilayah di Indonesia melalui produk cat pewarna alam. (Fase F)

Ilmu Pengetahuan Alam 
Peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim  dalam membuat cat dengan pewarna alam (Fase E)

Ilmu Pengetahuan Sosial 
Peserta didik memahami peran dan potensi dirinya dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan fisik, sosial, budaya, dan ekonomi dalam membuat cat dari pewarna alam.
Peserta didik secara mandiri maupun berkolaborasi menggali fenomena kehidupan manusia secara sistematis dalam membuat cat dari pewarna alam 
Peserta didik menganalisis, menarik simpulan, mengomunikasikan informasi dan hasil analisis dari sumber primer dan/atau sekunder, hasil observasi dan dokumentasi dari proses membuat cat dari pewarna alam. 
Peserta didik mampu merefleksikan hasil analisis dari informasi, hasil observasi, dan hasil dokumentasi, serta menyusun rencana tindak lanjut dari produk cat yang dihasilkan.

Informatika 
Peserta didik mampu menerapkan proses berpikir efektif dan efisien untuk menyelesaikan persoalan secara algoritmik sebagai solusi atas rancangan instruksi dan data yang dapat dijalankan secara efektif dan efisien oleh sistem komputasi  dalam proses membuat cat dari pewarna alam. (Fase E)
Peserta didik menerapkan berpikir kritis dalam menyikapi beragam data yang tersedia di internet untuk menjadi informasi yang bermanfaat, mempunyai wawasan tentang profesi informatika, serta memahami hak dan kewajiban sebagai warga digital dan aspek hukumnya dalam proses membuat cat dari pewarna alam. (Fase E)

Kimia
Peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami perhitungan kimia, sifat, struktur dan interaksi partikel dalam membentuk berbagai senyawa termasuk pengolahan dan penerapannya dalam keseharian; memahami konsep laju reaksi dan kesetimbangan reaksi kimia; memahami konsep larutan dalam keseharian; memahami konsep termokimia dan elektrokimia; serta memahami kimia organik termasuk penerapannya dalam keseharian dalam membuat cat dari pewarna alam. (Fase F) 
Peserta didik menerapkan dan mengembangkan keterampilan inkuiri sains mereka dalam membuat cat dari bahan pewarna alam. (Fase F)

Matematika 
Peserta diidk dapat menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel, sistem pertidaksamaan linear dua variabel, persamaan dan fungsi kuadrat serta persamaan dan fungsi eksponensial dalam membuat rumus produk cat dari bahan pewarna alam (Fase E)
Peserta didik dapat menjelaskan peluang dan menentukan frekuensi harapan dalam membuat cat dari pewarna alam (Fase E) 
Peserta didik dapat menyatakan data dalam bentuk matriks dari proses membuat cat dari bahan pewarna alam (Fase F)
Peserta didik dapat melakukan proses penyelidikan statistika untuk data bivariat dan mengevaluasi berbagai laporan berbasis statistik dalam proses membuat cat dari bahan pewarna alam (Fase F.

Matematika Tingkat Lanjut 
Peserta didik dapat mengenal berbagai fungsi (selain fungsi linear dan fungsi kuadrat) dan menggunakannya untuk memodelkan fenomena membuat cat dari bahan pewarna alam (Fase F)
Peserta didik dapat mengevaluasi hasil keputusan dengan menggunakan distribusi peluang dengan menghitung nilai yang diharapkan dalam membuat cat dari bahan pewarna alam (Fase F)

Sosiologi 
Peserta didik juga mampu menerapkan prinsip kesetaraan dalam perbedaan sosial sehingga terwujud kehidupan sosial yang harmonis dalam penggunaan cat (Fase F)
Peserta didik mampu memahami berbagai perubahan sosial, dan eksistensi kearifan lokal dalam kehidupan komunitas sebagai akibat dampak globalisasi dan perkembangan teknologi informasi dalam pembuatan dan penggunaan cat dari bahan pewarna alam (Fase F).

PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) 
Peserta didik mampu melakukan Gerakan dalam membuat vat berbahan alam dengan gerak tubuh yang mengedepankan keselamatan dan gerakan yang bermanfaat menghasilkan produk yang fungsional (Fase E) 
Peserta didik memeragakan dan mengevaluasi strategi kolaborasi dalam berbagai konteks gerak dalam proses membuat cat berbahan pewarna alam (Fase F).

Pendidikan Pancasila 
Peserta didik mampu mempraktikan gotong royong saat membuat cat dari pewarna alam Fase E) 
Peserta dmenginisiasi kegiatan bersama dengan prinsip gotong royong dalam praktik hidup sehari-hari khususnya dalam pembuatan cat dari warna alam (Fase F)

Prakarya dan Kewirausahaan Kerajinan 
Peserta didik mampu mengidentifikasi potensi, menganalisis peluang usaha, menyusun rencana dan metode pengolahan, serta membuat dan/atau mengembangkan produk cat berbahan pewarna alam sesuai persyaratan teknis dan ekonomis. (Fase F)
Peserta didik mampu memasarkan produk serta melakukan evaluasi proses, produk, dan aspek ekonomis sebagai proses perbaikan secara berkelanjutan (Continuous Improvement) produk cat berbahan pewarna alam. (Fase F)

Sejarah
Peserta didik menguasai sejumlah kompetensi, yakni mampu berpikir sejarah, melakukan literasi sejarah, penelitian dan penulisan sejarah secara sederhana, menunjukkan sikap dan perilaku kesadaran sejarah dan empati sejarah, serta menghasilkan projek sejarah dalam bentuk produk digital atau nondigital tentang Sejarah cat berbahan pewarna alam. (Fase F)

Seni Rupa 
peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan perasaan, minat, pengetahuan, peristiwa aktual, pengalaman, dan respons terhadap isu sosial dalam masyarakat, menggunakan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan mengembangkan variasi unsur rupa, prinsip desain, gaya, atau teknik tertentu yang dipilihnya tentang cat berbahan pewarna alam  (Fase E & F) 

Komentar

Postingan Populer