
NOTULEN
WEBINAR PENELITIAN SOSIOLOGI DAN PENULISAN KARYA
ILMIAH
MGMP SOSIOLOGI PROVINSI JAWA TENGAH
Rabu, 7 Februari 2024
13.00 – 16.30
KEGIATAN
|
Pembukaan
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Doa
|
Sambutan Ketua Prodi Sosiologi dan Antropologi
Universitas Negeri Semarang
Dr. Atika Wijaya, M. Si memberikan arahan terkait kerjasama
antara Prodi Sosiologi dan Antropologi UNNES dengan MGMP Sosiologi Provinsi
Jawa Tengah.
|
Laporan Ketua Panitia
Fendy Dwi H, S. Pd., M. Pd menyampaikan laporan
jumlah peserta dan tindaklanjut kegiatan Studi Lapangan Lasem.
|
Materi 1: Praktik Baik Penelitian Sosiologi
Suhadi, S. Pd., M. Pd membagikan praktik baik dalam
materi penelitian sosiologi yang dilakukan bersama para muridnya.
|
Materi 2: Penelitian Etnografi
Dr. Gunawan, S. Sos, M. Hum menyampaikan materi
tentang langkah-langkah penelitian etnografi dan penerapan analisis datanya.
|
Tanya jawab
Siti Rodhiyah, S. Sos: Bagaimana coding dalam
analisis data dalam penelitian etnografi?
Wahyu Sutrisno, S. Pd: bagaimana pengaturan waktu
dalam melakukan penelitian sosiologi bersama siswa?
|
Penutup
|
Batang, 7 Februari 2024
Notulis|
Endah
Septiani, S.Pd., M. Pd
NIP.
19891001 201902 2 005
Khoirul Mafaja, S.Pd. SMAN 1 Purworejo
Mengkaitkan materi berbasis kearifan lokal
Adi Abasaki, S.Pd SMA Negeri 1 Kendal
Pembelajaran yang berpihak kepada masyarakat
Mustakhikul Jannah, S.Pd SMA NEGERI 1 TAHUNAN
Materi praktik pembelajaran Sosiologi yang bisa dilakukan di lapangan
Waryatin, S.Pd., Gr. SMA Negeri 1 Sidareja
Pembelajaran yang berpihak pada masyarakat dan pembelajaran ynag mendorong berlangsungnya transformasi sosial
Ayuk Yulianti, S.Pd SMA SintLouis Semarang
Penelitian di Lasem. Mengajak siswa untuk lebih dekat dengan budaya/tradisi yang ada dlm masyarakat, memahami makna & tujuannya
Siti Rodhiyah, S. Sos
SMA Negeri 1 Wiradesa
Praktik prmbtlajsrsn ptoyek lasem, bisa tuk kellmpok sos aho pemberdayaan
ARUM WULANDARI, S.Sn SMAN 110 JAKARTA
Keadaan sosial masyarakat
ERNI EKAWATI, S,Sos SMA N 4 TEGAL
Model kunjungan lapangan dapat memberikan pengalaman lapangan yang dapat menumbuhkan kecintaan pada penelitian
Aries Farida Nursanti, S.Pd. SMA Negeri 2 Pati
Praktik pembelajaran sosiologi dan gambaran studi lapangan di lasem
PUJI LESTARI
SMA NEGERI 1 MOJOTENGAH
Masa depan pembelajaran sosiologi. Dan penelitian yg relevan seperti yg sudah di contohkan studi lapangan yang pernah di lakukan di rembang
Ahmad Mustaufan, S.Pd. SMA NEGERI 1 JEPARA
menceritakan pengalaman pak suhadi dalam pembelajaran aplikatif secara sosiologis juga penelitian. mulai dari wilayah rembang, makanan khas, pantai Balongan, hingga pameran bersama warga.
EKO HERU PRASETYO, S.Pd SMAN 1 BOYOLALI
Perlu pemahaman secara utuh dan menyeluruh mengenai konsep penelitian sosiologi
Herida Nadapdap S.Pd SD NEGERI 32 PASIR TUNTUNG
Pak Suhadi
LINTAWATI, S. Pd SMA NEGERI 1 TAYU
Membahas Kearifan Lokal
DWI RAHMI WAHYUNINGSIH, S.Pd. SMA NEGERI 1 BAWANG, KAB. BATANG
melakukan penelitian sosial mengenai kearifan lokal
Setiyoningsih, S.Pd SMA Negeri 1 Kayen
"Model pembelajaran berkelanjutan.
Pembelajaran berpihak pada masyarakat.
Pembelajaran yang mendorong berlangsungnya transformasi sosial."
Dian Wijayani Artati, S.Pd. SMAN 1 Wonosegoro
Pembelajaran sosiolog yang berpihak pada masayarakat dan pembelajaran yang mendorong transformasi sosial
Ana Nugrahaeni Izzati, S.Pd. SMA Negeri 3 Tegal
Materi penelitian sosial : tempat di lasem
ISNA YULIAFATMAH, S. Pd. SMA Negeri 1 JEPARA
Learning tour
RINA NOVRIANTI, S. Pd SMAN 1 SUNGAI TARAB
Learning tour yang dilakukan pak suhardi sangat menarik diantaranya study lapangan sendang ayu, tumpengan pesisir, kuliner pesisir, bakul jamu dan sebagainya. studi lapangan fokus belajarnya dikaitkan dengan materi belajar seperti nilai dan norma, kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas
Dwi Lestari, S.Pd
SMA Negeri 7 Purworejo
Pembelajaran sosioloogi
Imanuel Hadi Pramono, S.Pd. SMAS Pangudi Luhur Santo Lukas Pemalang
praktik pembelajaran sosiologi studi lapangan di lasem
Sevika Ariyanti, S.Pd SMA Negeri 1 Tayu
Kearifan lokal
Wahyuni,S.Sos SMA Negeri 1 Bobotsari
Materi studi lapangan oleh pak Suhadi merupakan salah car cara bagaimana mempelajari sosiologi dengan metode yang lebih berpihak pada masyarakat dan sangat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Selain itu juga menjadi media untuk meningkatkan posisi tawar sebagai sebagai pelajar dengan menjadi pembelajar yang up to date dengan berbagai fenomena sosial disekitar kita. Siswa tidak hanya mempelajari teori yang sudah terbangun oleh buku dan teori tapi juga bisa mengkorelasikan antara teori dan kondisi riel di masyarakat
Dwi Privina Cahyanti, S. Pd SMA N 1 Maos
Model pembelajaran berkelanjutan
Linda Tresna Ayu, S.Pd. SMA Negeri 1 Ungaran
"Praktik pembelajaran Sosiologi bisa dilakulan di lapangan dengan memanfaatkan lingkungan sekita
Melihat potensi masyarakat dan kebudayaan yang dapat dijadikan sumber belajar bagi siswa"
Dra. Marzuqoh SMA Negeri 1 Kragan
Pembelajaran Sosiologi diberikan ke siswa yang berpihak kepada masyarakat setempat dan mendorong berlangsungnya transformasi sosial
Ali Mafngudin, S.Sos. SMA Negeri 1 Kejobong
"Kritik Pembelajaran dulu :
1. Berjarak dg masy.
2. Pengusung patron and client
3. Tumpul Manfaat
4. Sampah masa depan"
DIANITA KARTIKA SARI S,P.d SMA WARGA SURAKARTA
Ternyata masyarakat primitif punya teknologi canggih yang takut gelagapan ketika orang luar datang
Nurul Fitriyani, S.Pd. SMAN 1 Jatilawang Sosiologi
PUJI ASTUTI, S.Pd. SMA NEGERI 1 SIRAMPOG
KEGIATAN PEMBELAJARAN SAAT INI DIANGGAP BERJARAK SAMA MASYARAKAT, MINIM MANFAAT, MENUMBUHKAN HUBUNGAN PATRON CLIENT. HAL INI MENYEBABKAN PERLU ADANYA PERUBAHAN DALAM PEMBELAJARAN. OLEH KARENA ITU TERDAPAT BEBERAPA MODEL PEMBELAJARAN YANG BISA MEMINIMALISIR KEJENUHAN SISWA, YAITU BERUPA STUDY LAPANGAN
ENDANG WIDAYANTI, S.Sos. SMAN 1 CEPOGO
Praktek penelitian study lapangan sebagai contohnya adalah penelitian study lapangan di Lasem.
RR. SRI LESTARI FADJARWATI, S.Pd SMAN 4 SEMARANG
Berbagi pengalaman Learning Tour, mengajarkan peserta didik lebih mengenal aktivitas masyarakat.
Mohamad Subhan, S.Sos SMA Negeri 1 Bojong Kab. Tegal
Pengalaman praktek baik Bapak Suhadi tentang penelitiannya di masyarakat Lasem.
ACHMAD NUR AULADI, S.S.Sos. SMA NEGERI 2 GRABAG
Melakukan praktek penelitian etnografi dilakukan dengan menyatu dengan masyarakat. Yang bisa dilakukan praktek penelitian etnografi adalah melakukan penelitian etnografi di lingkungan tempat tinggal siswa berupa adat istiadat, menelusiri hasil budaya masyarakat misalnya makanan tradisional seperti membuat tumpeng dsb
Dra. ARGI GAWATI SMA NEGERI 1 WIRADESA KAB. PEKALONGAN
Penelitian sosial mapel sosiologi
Rois Zainudin, S.Pd SMA Negeri 1 Mlonggo
Proses kerjasama antara masyarakat dengan praktisi pendidikan di mana bapak suhadi menginkan adanya sosiologi yang bisa langsung berinteraksi dengan raksa dan langsung turun kelapangan dengan beberapa kegiatan yang ada
Titik Sulistyowati, S.Sos SMA N 1 SUKODONO
Guru harus membekali dirinya dengan IT untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman
HETTY HERAWATI,S S SMA N 2 KARANGANYAR
Praktik Pembelajaran Sosial dan Gambaran studi lapangan di lasem dengan dampak pembelajaran rintisan program untuk perluasan kerjasama menuju desa argowisata
Muhammad Abror Alfan,S.Pd. SMA Negeri 1 Mayong
Praktik pembelajaran sosiologi dan gambaran studi lapangan di Lasem
Dra. Sri Pujiastuti SMA Negeri 1 Adipala
Etnografi merupakan tulisan deskripsi tentang kehidupan suku bangsa baik secara fisik maupun non fisik.
Andi Suhartini, S. Sos
SMA Negeri Matakali
Etnografi
Eka Fitriyani, S.Pd. SMA Negeri 1 Bantarkawung
Karya ilmiah dalam sosiologi membantu pemecahan masalah di masyarakat
Mohammad Riza Pahlevi, S.Pd. SMA Negeri 2 Pekalongan
Praktik pemberdayaan masyarakat dalam sosiologi membutuhkan peran serta dan dukungan dari segala pihak.
NINGRUM PUSPORINI ANGGOROWATI, S.Pd. SMA NEGERI 1 KERSANA
Materi pertama adalah tentang Praktik Pembelajaran Sosiologi dan Gambaran Studi Lapangan di Lasem yang dilakukan oleh narasumber yaitu Bapak Suhadi. Beliau beserta siswa SMAN 1 Pamotan telah melakukan kunjungan lapangan di 7 lokasi yaitu masyarakat nelayan, gerabah balongan, pantai karang jahe, kuliner pesisiran, tumpeng pesisiran, sendang ayu dan bakul jamu.
Titi Rambat Winduasih, S. Pd SMA NEGERI 1 KUTASARI
Bekerjasama sekelompok orang dalam jangka waktu tertentu dalam latar alamaiah mereka
Faricha Amaliah, S.Pd SMA Negeri 1 Bangsri
Praktik pembelajaran sosiologi dan gambaran studi lapangan di Lasem, praktik pembelajaran sosiologi pada masyarakat nelayan, gerabah balongan, pantai karang jahe, kulineran pesisiran, tumpeng pesisiran, sendang ayu, bakul jamu.
Tatik Handayani, S.Pd., M.Pd SMA Negeri 1 Batangan
Norma yang ada dalam masyarakat sangat bermacam-macam, tetapi kadang yang diakui hanya yang dilaksanakan.
ARDHIAN HEVEANTHARA, S.Sos SMA Negeri 1 Bodeh
Pembelajaran sosiologi tidak hanya konseptual teoritis namun kita perlu mengembangkan pembelajaran berbasis data riil yaitu melalui suatu praktik pembelajaran modek pembelajarn berkelanjutan yang dilakukan dengan studi lapangan dn juga ber inovasi dan sehingga menjadi dekat tanpa berjarak dengan masyarakat
Lia Prastyawati, S.Pd SMA N 7 Purworejo
Laboratorium sosiologi adalah masyarakat. Metode pembelajaran terbaik dalam sosiologi adalah kunjungan lapangan.
Andi Suhartini, S. Sos SMA Negeri Matakali
Etnografi
ALFARIANI RAHMAWATY, S.Pd. SMA N 1 JATIBARANG BREBES
Praktik Pembelajaran Sosiologi di Lapangan
Siti Yuliani, S.Pd.,M.Si SMA Negeri 2 Wonogiri
Terkait tentang Kearifan Lokal dalam pembuatan Karya Ilniah
Ririh Rohmatun, S.Pd SMA Martia Bhakti
etnografi bagian dari kehidupan masyarakat
NOVI SULISTRIYANI SMA NEGERI 1 WANADADI
Pembelajaran langsung di lapangan bermanfaat bagi siswa karena memberikan pengalaman langsung pada siswa akan kondisi nyata
Silvia Anggraeni, S.Pd. SMA Negeri 2 Kendal
Praktik baik pembelajaran sosiologi dan gambaran studi lapangan di lasempenerapan model pembelajaran berkelanjutan kunjungan lapangan dan learning tour. Salahsatunya peserta didik diajak ke kampung nelayan mempelajari interaksi sosial.
SUSIANA INDAH FATMADEWI, S.Pd SMAN 4 TEGAL
penelitian kunjungan lapangan dapat memotivasi untuk melakukan penelitian
Ika Yuliarti T.S.U, S.Pd SMA N 1 Bantarsari
Penelitian
Astrini Ningsih, S.Pd Sma negeri 1 weleri
Kearifan lokal
AHMAD SAHIL, S. Pd. SMA Negeri 1 PECANGAAN
"Learning Tour
Kegiatan pembelajaran dengan metode observasi berdasarkan kearifan lokal, slah satunya dilakukan dikomunitas nelayan, komunitas desa Dasun, komu itas petani melon dll"
Joko Sembodo, S.Pd. SMA Negeri 2 Cilacap
Pak Suhadi menginformasikan penelitiaanya bersama siswanya di beberapa tempat seperti lasem, research terkait tumpeng, research kehidupan nelayan, dll.
Rima Ariani,S.Pd SMA Negeri 1 Sidoharjo
Materi tentang studi lapangan misal di pesisir atau pawon.
Tri Tunggal Prihat Setyo Utomo, S.Pd SMA Negeri 1 Batang
membahas tentang modul pembelajaran Learning tour dan Kunjungan lapangan tentang fenomena kearifan lokal
Dra. Titik Sri Wahyuni SMAN 1 PECANGAAN
Penelitian sosial
Oktavianti Lukmanasari, S.Pd SMA Negeri 2 Wonogiri
Materi satu yakni tentang praktik pembelajaran sosiologi, dengan gambaran studi lapangan di lasem yang dilakukan oleh bapak narasumber yakni Bapak Suhadi. Dilakukan kunjungan di lapangan di 7 lokasi.
Ahmad Muthohar, S.Pd. SMAN 2 DEMAK
Diberikan banyak contoh penelitian
Cahyo Suryani, S.Pd SMAN Mojogedang
Menyenangkan dan menjadikan semangat
DINI SURYANA, S. Pd SMA NEGERI 1 BANGSRI
Disajikan penelitian sosiologi di desa daerah lasem
Rahayu Ari Prihatiningsih, S.Pd SMA Negeri 2 Grabag
Menjelaskan tentang penelitian yang diluar sekolah dan dalam pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode. Serta menunjukkan beberapa tempat yang dapat digunakan sebagai studi lapangan dengan fokus pembelajaran yang berbeda sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh daerah yang akan kita kunjungi
Tri Widarti
SMA Ma'arif Kroya Cilacap
Masa depan pembelajaran sosiologi dan sumbu pendek pemajuan masyarakat sekitar meliputi pembelajaran yang berpihak kepada masyarakat, pembelajaran yang menolong berlangsung transportasi sosial
Dra.Yuniati SMA Negeri 1 Sigaluh
Pemateri.Bpk Suhadi.Tentang pembelajaran penelitian study Lapangan.
Kasmad, S. Pd SMA Negeri 1 Sumber
Kunjungan lapangan dan learning tour
Arfina Rafsanjani,S.Pd SMA N 1 NGLUWAR
Model pembelajaran berkelanjutan dengan kunjungan dan learning tour. Terdapat disemonasi model. Masa depan pembelajaran sosiologi berpihak pada masyarakat dan mendoronh transformasi sosial
Debie Tamara Larentika, S.Pd. SMA Negeri 1 Losari
Materi pertama mengenai penyusunan karya ilmiah dan penelitian sosiologi
Edi Kusuma Prabantoro, S. Pd. SMA ISLAM SUDIRMAN PAKIS
Melakukan pembelajaran yang lebih memihak ke masyarakat dan mendorong transformasi sosial.
Rita Indawatik, S.Sos., M.Si. SMAN 2 Sragen
Terkait dengan model pembelajaran dimana anak-anak terlibat langsung di lapangan alias masyarakat, pemberdayaan konunitas
Ruth Gandhes Lembayung Sukma, S.Pd SMA Negeri 1 Sumpiuh
Metode penelitian sosial dari sudut pandang sosiologi
Dewi Nur Setyaningrum, S.Pd SMA Negeri 1 Sumpiuh Karya ilmiah
Sonia Zakia, S. Pd SMA Islam Ahmad Yani Batang
Mengenai penelitian sosial masyarakat nelayan, gerabah balongan, dan tumpeng pesisiran dalam medel pembelajar learning tour
Aris Sugeng Sutanto, S.Sos. SMAN 1 Sragen
"Praktik Pembelajaran Sosiologi dengan metode Penelitian dan Proyek Lapangan:
Melibatkan siswa dalam proyek lapangan atau penelitian dapat memberikan pengalaman praktis tentang bagaimana konsep-konsep sosiologi beroperasi dalam masyarakat nyata.
Proyek-proyek ini dapat melibatkan pengamatan langsung, wawancara, atau survei."
Tyas Ambarsari, S.Pd. SMAN 1 BAYAT
Pendekatan kearifan lokal dalam pembelajaran sosiologi
Jauhariyatun Fadillah, S.Pd SMA Negeri 1 Cilacap
Model pembelajaran sosiologi berkelanjutan (kunjungan lapangan dan learning tour(
Nelly Yunita Utami, S.Pd. SMA N I Warureja
"Masa depan pembelajaran sosiologi dan sumbu pendek pemajuan masyarakat sekitar:
- pembelajaran yang berpihak pada masyarakat
-pembelajaran yang mendorong berlangsungnya transformasi"
Retno Puji Purwati, S. Pd SMA Negeri 2 Kroya
Penulisan karya ilmiah
Irfan Miftachul Huda, S.Pd SMA N 2 Purworejo
Materi pembelajaran sosiologi harus kontekstual dengan keadaan masyarakat sekitar
Fungki Setiawan, S.Pd SMA Negeri 1 Sumberlawang
Model pembelajaran berkelanjutan learning tour
Faidah Setyaningsih, S.Sos. SMA Negeri 1 Mirit
Kritik pembelajaran Sosiologi: (1) berjarak dengan masyarakat, (2) pengusung patron clien, (3) tumpul manfaat, dan (4) sampah masa depan
Imanawati, S.Pd. SMA Negeri 1 Klego
Pembelajaran berkelanjutan
Ika Langen Agusstyani, S.Pd SMA Negeri 1 Randudongkal
Kritik terhadap model pembelajaran, karena dianggap berjarak dengan masyarakat dan tumpul manfaat
Nur Shodiq Purnomo, S.Pd SMA NEGERI 1 BOJONG KAB PEKALONGAN
materi pertama tidak ikut karena ada rapat😃😃😃🙏🙏🙏
Darman, S.Sos SMAN 1 Patimuan
Penelitian lapangan
YUNI PRAPTININGSIH,S.Sos SMA N 1 TANJUNG
Model pembelajaran berkelanjutan
Retnosari Widiastuti, S.Sos SMA Negeri 1 Rowosari
Penelitian sosial
APRILIA KURNIASIH,S.Sos SMAN 1 Wuryantoro
Pembelajaran sosiologi harus berpihak pada masyarakat
NUR IKHDA YANTI, S.Pd. SMAN 11 SEMARANG
Melakukan studi lapangan dapat memberi banyak manfaat seperti menyusun program kebijakan desa, pemberdayaan masyarakat, dll
Suharno, S.Pd. SMA Negeri 1 Juwana
Praktik baik Pembelajaran Sosiologi yang langsung terjun di masyarakat yang disampaikan Bapak Suhadi, M.Pd
Zoraya Fitria Annisaa,S.Pd SMA N 1 Karangtengah
Etnografi terdiri atas etnografi klasik,modern dan etnografi baru
Dwiana Pujiasih, S.sos.,M.Si SMA Negeri 3 Puwokerto
Pemateri 1 menekankan bahwa pembelajaran lebih ditekankan pada studi lapangan dimana masyarakat SBG obyeknya, artinya pembelajaran sosiologi harus TDK berjarak dgn masyarakat.
Yudha Irawan, S.Pd. SMAN 11 SEMARANG
Step2 dalam melakukan penelitian sosial berbasis kunjungan lapangan dan pemberdayaan komunitas masyarakat.
Risa Tri Rahmawati, S.Pd SMA Negeri 1 Sirampog
"Resume materi 1 :
Praktik Pembelajaran Sosiologi dengan Model Pembelajaran Berkelanjutan, dapat dilakukan dengan :
a. Kunjungan Lapangan, terjun dalam sebuah masyarakat untuk melakukan pengamatan dan wawancara terhadap fenomena-fenomena sosial (kearifan lokal) yang ada.
b. Learning Tour, pembelajaran yang dikemas dengan model kunjungan ke masyarakat yang terdapat potensi wisatanya."
SISWATI ,S.pd SDN PEHKULON
Sosiologi
Fista Adhi Hery N, S.Pd.Si SMA Negeri 1 Wanadadi
Observasi langsung merupakan salah satu metode untuk menilai peserta didik dalam proses pembelajaran dengan cara mengamati lingkungan secara langsung. pembelajaran ini memberikan alternatif lain yang lebih menyenangkan daripada pembrlajan di kelas
Dra. Sri Antini, M.Si SMA N 2 Pati
Penelitian sosial
Nuning Seger Rahayu, S.Sos SMA Muhammadiyah 2 Mayong Jepara
Norma sosial, Interaksi sosial , Kelompok sosial serta kearifan lokal
Nurul Aini Nadhirotul Fikroyyah, S.Pd. SMA Negeri 1 Jakenan
Model pembelajaran yang diharapkan untuk sosiologi ialah melakukan kunjungan lapangan agar siswa melakukan observasi dan wawancara terhadap fenomena sosial (kearifan lokal) masyarakat sekitar. Selain itu Learning tour untuk melakukan kunjungan ke masyarakat yang daerahnya memiliki potensi wisata. Untuk fokus pembelajarannya terfokus pada bahan-bahan yang ada disekitar kita seperti masakan pawon pesisir, bumbu rahasia, kuliner khas, serta kedaulatan pangan.
DARSINI, S.Sos SMA Negeri 1 Nogosari
Bebagai contoh model pembelajaran sosiologi
Dra. Rina Radiastini SMA Negeri 1 Bobotsari
Praktik baik pembelajaran sosiologi, Penelitian lapangan memberikan banyak manfaat untuk memehami sosiologi
Rina Ema Viyanti,S.Sos SMA Negeri 1 Karanggede Kab Boyolali
Pembelajara penelitian Sosiologi harus berbasis pada studi lapangan,siswa diajak terjun langsung ke masyarakat untuk mengamati secara langsung di masyarakat
Dra. Pujawati SMA Negeri 1 Welahan Jepara
Pembelajaran sosiologi bisa dilakukan dengan learning tour (kunjungan di kemas dengan model kunjungan ke masyarakat yang punya potensi wisata) dan kunjungan lapangan (terjun ke masyarakat untuk melakukan wawancara terhadap fenomena sosial)
Darmawanti, S.Sos SMA Negeri Mojogedang
Mata pelajaran Sosiologi, sebaiknya siswa diajak untuk penelitian di lapangan. Berkaitan dengan kehidupan masyarakat yang sesungguhnya.
Risdiyanto, S.Pd SMA NEGERI 1 KESESI KAB. PEKALONGAN
Dalam praktik pembelajaran sosiologi kadang kala masih harus sesuai dengan apa yang ada dalam modul pembelajaran. Padahal pembelajaran sosiologi bisa diberikan sesuai dengan keadaan dan situasi yang ada di lingkungan masyarakat. Dan siswa diajak untuk bisa menjabarkan dan mampu untuk bisa merasakan serta berinteraksi dengan keadaan tersebut. Hal ini akan membawa siswa akan lebih mengenal dan bertambah wawasan dengan apa yang terjadi di dalam masyarakat.
Heny Dwi Nugraheni, S.Sos SMA NEGERI 1 KUTOWINANGUN
praktik baik pembelajaran sosiologi
Rusmaliya Chumairoh, S.Pd. SMA Negeri 2 Pekalongan
Praktik pemberdayaan masyarakat membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, tapi bisa diusahakan dengan kerja sama dengan berbagai pihak.
ALI RAHMAN HAKIM, S.Sos SMA Negeri 1 Wadaslintang
Cobalah bawa siswa kita keluar dari kekangan buku dan ruang kelas yang terlalu kaku. Jadikan masyarakat sebagai sumber belajar Sosiologi.
Tri Wahyuningsih, S.Sos SMA N 4 Magelang
Aktifitas sehari-hari yang bermakna dapat dijadikan penelitian
Ika Rostika Damayanti, S.IP SMA N 3 BREBES
Praktik pembelajaran sosiologi di lapangan
Hupoyo, S.Pd SMA NEGERI 1 PECANGAAN
Penelitian Sosial
ARI SUPRIHATININGSIH, S.Pd.,M.Pd SMA N 1 MRANGGEN DEMAK
MENGENAI PENELITIAN DENGAN MASYARAKAT NELAYAN DI LASEM REMBANG
Marysa Nurul Rochmatin Jana SMA Negeri 1 Sale
Cara penyusunan karya ilmiah
Nur Rohmah, S.Pd. Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
Masa depan pembelajaran sosiologi diharapkan dan diarahkan kepada pembelajaran yang berpihak pada masyarakat dan mendorong terjadinya transformasi sosial
Ir'syam Prihadi, S.Sos., M.Si SMAN 2 Purwokerto
"Model Pembelajaran Berkelanjutan:
- Kunjungan lapangan, terjun dalam sebuah masyarakat untuk melakukan pengamatan dan wawancara terhadap fenomena-fenomena sosial (kearifan lokal) yang ada
- Learning Tour, pembelajaran yang dikemas dengan model kunjungan ke masyarakat yang terdapat potensi wisatanya "
ERAWATI,S.Pd SMA Negeri 1 Mranggen
Kearifan lokal di dalam masyarakat di nelayan di daerah lasem
Putri Indah Kurniawati, S.Pd. SMA Negeri 1 Welahan
Model pembelajatran sosiologi dilakukan dengan kunjungan lapangan (terjun ke masyarakat) dan learning tour (masyarakat yang mempunyai potensi wisata)
Adiratna Tri Pamungkas, S.Pd. SMA Negeri 2 Kendal
Etnografi adalah studi tentang orang-orang dalam lingkungan alamiah atau 'lapangan' dengan menggunakan metode yang menangkap makna sosial dan kegiatan sehari-hari mereka, yang melibatkan peneliti yang berpartisipasi langsung dalam lingkungan tersebut.
Heru Catur M.W.,S.Pd SMA Negeri 2 Rembang
Bahwa pembelajaran sosiologi sebaiknya tidak hanya dilakukan di dalam ruangan (sekolah). Melainkan dilakukan juga dilapangan, sehingga siswa akan lebih memahami sosiologi dn masyarakat. Pembelajaran ini dapat dilakukan dengan kunjungan lapangan dan learning tour.
Ridwan Tri Kurniawan, S.Pd. SMA NEGERI 1 KRADENAN
Bagaimana melaksanakan pembelajaran tidak hanya di sekolah namun juga pada masyarakat sekitar. Dengan memanfaatkan kearifan lokal di daerah masing masing
Yurizka Meivani, S.Pd SMA NEGERI 4 SEMARANG
Pemberdayaan masyarakat/ komunitas dapat dilakukan oleh peserta didik dengan mengajak mereka melihat potensi-potensi yang ada di sekitarnya seperti adanya mengajak peserta didik memberdayakan potensi alam dengan penghijauan (penanaman) tanaman buah.
NELMAYENI, S.Pd SD Negeri 40/IX Talang Duku
Bahya bahaya bullying sangat berdampak dimasa depan pada pertumbuhan anak saat dewasa
KURNIAWAN SULISTYA BUDI, S.Pd SMA NEGERI 1 PURWANEGARA
Berbagai metode pembelajaran sosiologi yang disampaikan pak Suhadi..salah satu yg disinggung adalah tentang tumpeng
Tatang Aryanto, S.PD SMAN 3 Tegal
Studi lapangan lasem
Muhammad Nur Budi Prasojo, S.Ant., M.Si
SMA Negeri 4 Magelang Kegiatan penelitian lapangan
Retno Purwanti, S.Pd SMA Negeri 1 Jeruklegi pembelajaran sosiologi dapat dilakukan dengan model pembelajaran kunjungan lapangan dan learning tour. pembelajaran praktik dapat melatih siswa untuk fokus pada pembelajaran dan memberikan pengalaman langsung ke siswa
Intan Pramushinta, S.Pd.,M.Or SMA Negeri 3 Slawi
Praktik baik pembelajaran sosiologi
Feryda Indriyanti Putri, S.Pd. SMA Negeri 1 Bandongan
"Praktik Pembelajaran Sosiologi dan Gambaran Studi Lapangan di Lasem
A. Praktik Pembelajaran Sosiologi
1. Masyarakat Nelayan
2. Gerabah Balongan
3. Pantai Karang Jahe
4. Kuliner Pesisiran
5. Tumpeng Pesisiran
6. Sendang Ayu
7. Bakul Jamu
B. Kritik terhadap Model Pembelajaran
1. Berjarak dengan masyarakat
2. Pengusung patron and client
3. Tumpul manfaat
4. Sampah masa depan
C. Model Pembelajaran Berkelanjutan
1. Kunjungan Lapangan, terjun dalam sebuah masyarakat untuk melakukan pengamatan dan wawancara terhadap fenomena-fenomena sosial (kearifan lokal) yang ada.
2. Learning Tour, pembelajaran yang dikemas dengan model kunjungan ke masyarakat yang terdapat potensi wisatanya."
Roch Mulyati, S.Sos SMA Negeri Kerjo
Praktek pembelajaran sosiologi dan gambaran studi lapangan di Ngasem, model pembelajaran- kunjungan lapangan - learning tour
Tri Anggorowati, S. Pd SMA Negeri 1 Pecangaan
Penelitian sosial
Tri Mitaning Apriliyah, S. Pd. SMA Negeri 1 Jakenan
Learning tour untuk kegiatan penelitian karya ilmiah, siswa mengamati secara langsung
SUGIMIN, S. Pd., M. Si SMA Negeri 1 Jeruklegi Salah satu yang bs di lakukan adalah meimplementasikan wawancara instrumen di sekitar kita
KRISA HARINI, A.Ma.Pd SDN 2 SINDON, NGEMPLAK , BOYOLALI
Studi lapangan yang diadakan di sekolah perlu disetujui oleh kepala sekolah
Muawanah S Pd SMAN 1 TAHUNAN
Praktek pembelajaran penelian sosial
Wahno, S.Pd. SMAN 1 PANINGGARAN
Model pembelajaran berkelanjutan, dan metode studi lapangan di lasem
Muslimah, S.Sos. SMA Negeri 1 Mirit "*Kritik Pembelajaran (Sosiologi)*
1. Berjarak dengan masyarakat
2. Pengusung _patron and client_
3. Tumpul manfaat
4. Sampah masa depan
(Suhadi, M.Pd., Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Jakenan)"
IKA PUJI ASTUTI, S.Pd. SMA Negeri 1 Lasem
Learning tour
Wahyu Sutrisno, S.Pd SMA N 1 Purwareja Klampok
Pembelajaran lapangan sosiologi
Darsulan, S.Pd SMAN 2 REMBANG
Metode pembelajaran berorientasi penelitian lapangan. Ada beberapa contoh seperti penelitian di desa daun dsb..
Siti Chawa Nurmalina, S.Pd. SMA N 1 BAWANG, BANJARNEGARA
Manfaatkan laboratorium sosiologi...kancah...masyarakat
SRI ROHMAWARTI. S. Pd SMA NEGERI JUMAPOLO
Pentingnya pembelajaran guru sosiologi utk menguasai metode pembelajaran Kumer agar siswa bisa re tampil dan dpt diandalkan dlm dunia kerja
Retno Wahyu Wulandari,S.Sos,M.Si SMA Negeri 1 Girimarto
Terkait Penelitian Pemberdayaan Komunitas sebagai salah satu manfaat sosiologi
Siti Aisyah Wahyu Nuraini, S.Pd. SMA Negeri 3 Demak
studi lapangan
RINI YUNIASTUTI,S.Pd,M.M SMAN 13 SEMARANG
Penelitian sosial di Lasem
Rudi Witoko SMA Negeri 1 Kaliwungu
Gerabah dengan metode pembuatan tradisional, dimana anak belajar melakukan latihan wawancara
Yuniyatul Fitriyani, S.Sos, M.Pd SMAN 2 Temanggung
Metode pembelajaran berbasis project yang out of the box
Netty Rothesia Siringoringo,S.Sos,M.Si SMA Negeri 21 Medan
Pembelajaran lapangan dapat dilakukan melalui study tour yang dilakukan pendampingan langsung oleh guru mata pelajaran Sosiologi.
Muflikh Busthomy, S.Pd SMA N 1 KRAMAT
Kunjungan ke lasem dan sekitarnya mempelajari kearifan lokal
MUKH YAENUDIN, S. Pd. SMA NEGERI 1 MAYONG
Penelitian sosial
Dra. Varuni Dian Wijayanti SMA Negeri 1 Jakenan
Siswa mengunjungi langsung dan lthn wawancara langsung
Retno Setyaningrum, S.Pd SMA Negeri 3 Slawi
Praktik baik pembelajaran sosiologi
Siska Laelatul Barokah, S.Pd SMA Negeri 1 Bawang
Model pembelajaran berkelanjutan bisa dengan learning tour atau kunjungan lapangan, contoh aplikasi nya adalah praktek pembelajaran sosiologi studi lapangan di Lasem
Eka Aries Setyaningsih, S.Sos., M.Pd. SMA Negeri 1 Jepara
Praktek pembelajaran sosiologi dapat menggunakan kunjungan lapangan dan learning tour. Selain itu, pembelajaran sosiologi dapat berpihak kepada masyarakat dan mendorong berlangsungnya transformasi sosial
SITI RIWINARSIH, S.Pd SMA N 1 JATISRONO
Pembelajaran sosiologi diharapkan lebih berkembang dan menjadi bagian dari masyarakat. Proses pembelajaran dapat dilakukan dengan melakukan pendekatan di berbagai kegiatan dan kehidupan masyarakat secara langsung tidak hanya sekedar menyampaikan teori. Siswa dapat belajar langsung di lapangan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih beakna tentang kehidupan masyarakat dan sosiologi sebagai bidang ilmu yang mengkajinya.
Deasy Widya Santi, S. Sos Sma Negeri 2 Wonogiri
Pembelajaran sosiologi harus berbasis pada masyarakat.
YUNITA KUSUMAWATI, S.Pd. SMA Negeri 2 Batang
Masa depan pembelajaran Sosiologi yang baik dan sumbu pendek guna memajukan masyarakat sekitar, dapat dilakukan dengan dua poin utama yaitu pembelajaran yang berpihak pada masyarakat dan pembelajaran yang mendorong berlangsungnya transformasi sosial.
Widhi Wijayandaru, S.Pd SMA Negeri 3 Slawi
pratik baik pembelajaran sosiologi
Akhmad Soleh, S.EI SMA Negeri 1 Cepiring
Kebudayaan bagian dari pada kajian ilmu sosiologi
ARUM RAHMA SHOFIYA, S. Pd SMA N 1 SLOGOHIMO
"Bapak Suhadi
Praktik Pembelajaran Sosiologi
- Model pembelajaran berkelanjutan berupa kunjungan lapangan dengan melakukan pengamatan swcara langsung pada lokasi. Selain itu dengan learning tour yaitu mengemas penelitian terhadap potensi wisatanya
- harapan sosiologi masa depan pembelanjaran sosiologi yaitu penbelajaran yang berpihak pada masyarakat, pembelajaran yang mendorong berlangsungnya transformasi sosial
- teknik pengumpulan data yaitu melalui dokumen, observasu, wawancara, FGD
- Study lasem berupa interaksi masyarakat, kelompok sosial, kearifan lokal, perubahan sosial, pemberdayaan komunitas"
Astri Nurul Fiati, S.Pd., Gr SMA Negeri 8 Semarang
Praktik pembelajaran sosiologi pada masyarakat nelayan, gerabah balongan, pantai karang jahe, kuliner pesisiran, tumpeng pesisiran, sendang ayu, bakul jamu, fokus pembelajaran pada norma sosial tangkap ikan, interaksi sosial di tempat pelelangan ikan, tantangan kelompok sosial nelayan, jaringan pengaman sosial masyarakat nelayan.
Tri Wahyuni, S.Pd. SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga
Masa depan pembelajaran sosiologi dan sumbu pendek pemajuan masyarakat sekitar yaitu pembelajaran yang berpihak kepada masyarakat dan pembelajaran yang mendorong berlangsungnya transformasi sosial
Sri Budayati, S.Pd SMKN 1 Semarang
Praktek Baik pembelajaran. Dalam Model Pembelajaran Berkelanjutan, guru maupun siswa bisa diajak Kunjungan Lapangan dan Lerning Tour.
AQIL BAIHAQI, S.Pd. SMA NEGERI 1 GEMUH
studi lapangan di lasem sangat menarik, terkait teknis lapangan studi tentang pemberdayaan masyarakat terutama di lasem sangat menarik untuk di ikuti.
MARIAH,S.Pd. SD NEGERI BABALALANG
Semoga kegiatan webinar berikutnya bisa digabungkan
Wahyu Widiyati, S.Pd SMA Negeri 1 Guntur
Pembelajaran sosiologi seyogyanya bersahabat dengan masyarakat dan dalam hal ini lebih tepat menggunakan model pembelajaran kunjungan/praktik lapangan, learning tour
Sastra Dewi.S.Pd SDN 23 BATHIN SOLAPAN
Mudah di pahami
Hanik Rosyidah, S.Sos. SMA Negeri 1 Jakenan
Learning tour
Sri Sunarti, S.Pd SMA Negeri 1 Rembang
Model pembelajaran learning tour bisa menjadi salah satu model pembelajaran masa kini untuk memperbaiki model yang dulu
Neli Rahmawati, S.Sos SMA Negeri 3 Slawi
Praktek baik pembelajaran yang menarik di lapangan terkait materi penelitian sosial dengan pendekatan kontekstual
Alfran Sanius, S. Pd., M. Pd. SMA Negeri 2 Prabumulih
Tugas etnografi adalah menemukan dan menggambarkan organisasi fikiran tersebut. Jalan yang paling utama dalam memahami suatu budaya dengan mempeajari bahasa suatu budaya tersebut. Berangkat dari penjelasan diatas, maka penelitian etno- grafi merupakan pekerjaan mendiskripsikan suatu kebu- dayaan dari sekelompok orang.
Maesar Fajrin, S.Pd. SMA Unggulan Pondok Modern Selamat Kendal Materi 1 menjelaskan tentang bagaimana kita diajak melihat dan mengamati serta menjadi tahu tentang praktik kearifan lokal norma interaksi masyarakat sekitar lasem, dengan berbagai kegiatan di Balongan, tumpeng, sendang ayu dll
Achmad Syaifudin,S.Pd. SMA NEGERI 1 SALE
masyarakat Dasun lasem menarik untuk diteliti
Sri Wahyuni, S.Pd SMA N 1 PAMOTAN
Pembelajaran yang berpihak pada masyarakat dan pembelajaran ynag mendorong berlangsungnya transformasi sosial
Dian Sukmawati, S. Sos SMA N 1 Bulakamba
Penelitian sosial merupakan kegiatan membuat karya ilmiah dengan mengambil masalah yang ada di kehidupan masyarakat.
Indarti Prasetyaningtyas Noer Hidayati, S.Pd.
SMA Negeri 1 Pamotan Praktik baik pembelajaran sosiologi
Windi Sriastuti Handayani, S.Psi SMA N 1 Batangan
Pak suhadi
Edy Iswanto, S.Pd SMAN 1 RANDUDONGKAL
Pengumpulan Data
Suprianto, S.Sos. SMA Negeri 1 Kemangkon
Pembelajaran Berkelanjutan dengan Kunjungan Lapangan dan Learning Tour
FITRIANA, S.Pd SMAN 1 KARANGREJA
Pembelajaran yg berpihak pada masyarakat dan pembelajaran yang mendorong berlangsungnya transformasi sosial
Ani Suwarni, S.Pd SMAN 3
Cilacap Pembelajaran yang berpihak pada masyarakat dan Pembelajaran yang mendorong berlangsungnya transformasi sosial
Sri Lestari.S.Pd.,S.Sos.,M.Pd SMA Batik 1 Surakarta
Model pembelajaran berkekanjutan : Kunjungan lapangan dan Lerning tour
Setiyani, S. Pd. SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali
Penelitian Etnografi
Sri Lestari, S. Pd SMA Negeri 1 Juwana
Praktik pembelajaran yg mendorong berlangsungnya transformasi sosial
Didik Sugiarto, S. Sos SMA Negeri 1 Comal
Etnografi adalah cerita yang kredibel kisah cerita nyata oleh masyarakat, penelitian yang menyenangkan yang dapat langsung didapat dari masyarakat mendorong siswa untuk mencari tahu dari data ountentik yang ada di masyarakat
Nurhidayah Puji Lestari, S.Pd SMA N 1 GRABAG
Belajar sosiologi dengan cara yang menyenangkan, walaupun saya tidak menyimak sepenuhkan karena tetap harus handle kelas. Menurut saya pada dasarnya sosiologi adalah pembelajaran kontekstual dalam kehidupan sehari-hari yang perlu diimplementasikan.
Ali Mahmud, S.Pd. SMA Negeri 3 Slawi
"Kritik terhadap model pembelsjaran :
1.berjarak dengan masyarakat
2.pengusung patron and client
3.tumpul masyarakat
4.sampah masa depan"
Rima Ariani,S.Pd SMA Negeri 1 Sidoharjo
Penelitian Etnografi seperti di pesisir pawon
Dra Kusumawati Rahmad SMA N 1 Purwareja Klampok
komunitas sarasean menanaman bibit apokat
Sari Ardyarini, S.Sos SMA N 1 Dukun
Praktik pembelajaran sosiologi
Retnowati, S.Sos SMA Negeri 1 Pulokulon "Penyusunan karya ilmiah harus disusun dengan mengikuti langkah-langkah metode ilmiah yaitu :
1. Menemukan masalah
2. Merumuskan hipitesis
3. Mengumpuljan data
4. Mengambil kesimpulan
5. Menguji kesimpulan kembali"
Lita Hanna Failasufa, S.Pd SMA Negeri 1 Kudus
Model Pembelajaran berkelanjutan : Kunjungan lapangan (terjun langsung ke masy), Learning tour (Pembelajaran dg kunjungan)
IMAM FAUZI, S.Pd. SMA Negeri 1 Karangkobar
"1. Praktik baik pembelajaran Sosiologi
2 . Bagaimana menyusun karya ilmiah dalam Ilmu Sosiologi"
SOKHIBATUN ASLAMIYAH, S.Pd. SMA NEGERI 2 CILACAP
Penelitian etnografi harus meliputi analisis data yang menyeluruh.
ERNAWATI SETYANINGRUM, S.Pd SMA NEGERI 3 MAGELANG
"praktek baik pembelajaran sosiologi
praktek pembelajaran sosiologi bisa dilakukan
masyarakat nellayan
gerabah balongan
kuliner pesisir
tumpengan pesisir
sendang ayu
bakul jamu"
ASRININGSIH, S.Pd. SMA NEGERI 1 AMPEL
Model pembelajaran berkelanjutan ; kunjungan lapangan &
Muslikhatun,S.Sos SMA Negeri 1 Salatiga
Praktik pembelajaran Sosiologi
Dwi Hartini, S.Pd SMA NEGERI 1 KEPULAUAN PONGOK
Pembelajaran yang berpihak kepada masyarakat
BAHTIYAR WAHYU H, S. Pd SMA NEGERI 1 SALE
Kajian Lapangan Lasem
Dra Abewara Listyarini SMA Negeri 3 Magelang
Praktik pemelajaran sosiologi bisa melaluit masyarakat nelayan , gerabah Balongan , pantai karang jahe, kuliner pesisir,tumpeng pesisir dan sendang ayu , bakul jamu
Sri Ambarwati, S.Pd SMA Negeri 3 Demak
Ednografi sebagai kerja lapangan
Dra. Naniek Supriyatiningsih SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA
Pembelajaran yang inovatif dengan melakukan praktek penelitian sosial di lapangan
Eko Sulistyani S.Pd SMA N 1 Pamotan
Praktik baik pengamatan mengajar sosiologi
ISWAHYUDI, S.Sos SMAN 1 Banyudono
etnografi menjadi landasan yg kuat dalam penelitan sosisl
Nailina Farah, S.Pd. SMA Negeri 1 Pangkah
Model pembelajaran berkelanjutan meliputi kunjungan lapangan, learning tour
Nurhayati Hasnah,S.Pd SMA N 1 SOKARAJA
Sosisologi bisa berperan dalam pemberdayaan masyarakat misalnya dalam kewirausahaan
Hesti Retnosari, S.Pd. SMA Raden Fatah Cimanggu
Pembelajaran sosiologi untuk mendorobg transformasi sosial
Heru Hermawan, S.Pd. SMAN 3 CILACAP .
Etik Yuliamastuti, S.Pd SMA Negeri 2 Sukorejo
Penelitian etnografi
Santy Indrias Tuti, S. Sos, M. Pd. SMA NEGERI 1 KEMBANG
Kunjungan lapangan, terjun dalam sebuah masyarakat untuk melakukan pengamatan dan wawancara terhadap fenomena-fenomena sosial (kearifan lokal) yang ada.
Luhur Pambudiyono, S. Pd SMAN 1 JATISRONO
Pada materi 1 saya belajar tentang bagaimana mengajak siswa untuk belajar mengenai pembelajaran yang kontekstual, dimana bukan hanya pada ranah kognitif saja yang terasah melainkan mempertajam perasaan empati sekaligus rasa silaturahmi. Bagi saya ini adalah pengalaman baru yang layak untuk dicoba.
WAYAH LANGIT SUMIRAT, S.Pd SMA NEGERI 1 SAMPANG
Bekal utama dalam penelitian: memiliki pertanyaan, memnungkinkan untuk di teliti, menentukan cara mendapatkan data, mempersiapkan kelengkapan mencari data dan seperangkat pedoman konseptual
Indah Suci Purwaningsih, S. Pd SMA Negeri 1 Kaliwungu
Suhadi, M. Pd
Sri Untari, S.Pd SMA Negeri 1 Subah
"Kritik terhadap model pembelajaran
* Berjarak dengan masyarakat
* Pengusung patron and client
* Tumpul manfaat
* Sampah masa depan "
Ariel Tri Yuniarto, S.Pd SMAN 2 KEBUMEN
Penelitian Sosial Pemberdayaan Masyarakat
Siti wahyuningsih, S.Pd SMA Negeri 2 Cilacap
Pemberdayaan komunitas
Andi Supriyadi, S.Pd. SMA Negeri 1 Kampung Laut
Perangkat pedoman konseptual
Winda Oktaviana, S.Pd SMA Yos Sudarso Majenang
Pembelajaran Sosiologi adalah pembelajaran yang berpihak pada Masyarakat
Nuning Wijayanti, S.Pd. SMA N 2 Rembang
Praktik pembelajaran sosiologi di masyarakat berupa masyarakat nelayan, kuliner pesisir, pantai karangan dsb. Dimana praktik penelitian tersebut berpihak kepada masyarakat serta mendorong adanya transformasi sosial
Marfuaisya Nur Diani, S.Pd SMA Negeri 3 Cilacap
Pembelajaran Sosiologi mendorong berlangsungnya transformasi sosial.
Sulistianti Dwi Prihatiningsih, S.Pd. SMA PGRI 1 PATI
Praktik pembelajaran sosiologi bisa dilaksakan diberbagai wilayah di Jawa Tengah, misalnya di Masyarakat nelayan, Gerabah Balongan, Pantai Karang Jahe, Kuliner pesisiran, Bakul kamu dll. Model pembelajaran berkelanjutan dilakukan dengan: Kunjungan lapangan, Learning tour, yg dikemas dengan kunjungan ke masyarakat yg terdapat potensi wisatanya
M. Medwin Faris Khan, S.Pd. SMA NEGERI 1 KEMBANG
Praktik pembelajaran sosiologi dengan menggunakan model pembelajaran berkelanjutan yang membuat tidak berjarak dengan masyarakat
MARTYAS YUSTIANI, S.Pd SMAN 1 SLAWI
Penelitian lapangan sangat menarik dilakukan hanya saja jarang yang tertarik karena berbagai alasan
NURWIDIYANTO, S.Pd SMAN 1 SALAMAN
Kunjungan Lapangan, terjun dalam sebuah masyarakat untuk melakukan pengamatan dan wawancara terhadap fenomena-fenomena sosial (kearifan lokal) yang ada
TEGUH NOVRI HARIANTONO, S. Sos SMA NEGERI 1 KEDUNGREJA
Masa depan pembelajaran Sosiologi adalah Pembelajaran yang Berpihak Kepada Masyarakat serta pembelajaran yang Mendorong Berlangsungnya Transformasi sosial
DIAN INDRIHARTANI, S.Sos., M.Pd SMA NEGERI 3 SALATIGA
Tentang penelitian etnografi mulai dari persiapan riset dan perangkat riset, metode pengumpulan data dan analisis dan representasi hasil etnografi.
Mahetasari, S. Ant SMAN 3 Salatiga
Etnografi
Sutanto, S.Pd, M.Pd SMA Negeri Karangpandan
"Kegiatan lancar dan bagus
"
ANDHI WINDIANDOKO, S.Pd. SMAN 2 PEMALANG
Kritik terhadap model pembelajaran
Drs.Subagiyo SMAN 1GROBOGAN
"1.Membantu adminitrasi guru untuk meningkatkan proses pembelajaran didalam klas.
2.Membangun PBM dalam upaya menggunakan Tehnologi"
Ganda Setya Gunawan, S.Sos SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta
Karya tulis dalam hal ini karya tulis ilmiah menjadi salah satu tanggung jawab seorang guru pembelajar di era kurikulum merdeka.
Kartika Nur Maulidya SMA Negeri 1 Brebes
Kritik terhadap pembelajaran
Johanes Bambang Nugroho, S.Sos SMA Negeri 1 Kemusu
Penelitian sosial
Komentar
Posting Komentar