Rubrik Observasi Kelas
Fokus Perilaku yang Diobservasi:
1
Guru memfasilitasi kegiatan pembelajaran yang memberi peran pada semua peserta didik
PERILAKU YANG DIANJURKAN
Guru memotivasi semua peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran
Guru menyediakan peran dalam kelompok untuk memastikan semua anggota mendapat peran
Guru memberi dukungan dan kesempatan pada peserta didik yang pasif untuk berperan
PERILAKU YANG DIHINDARI
Guru membiarkan peserta didik membuat dan membagikan peran dalam kelompok
Guru menyediakan peran yang terbatas sehingga peserta didik tertentu tidak mendapat peran
Guru membiarkan sebagian peserta didik bersikap dominan dalam proses pembelajaran
2
Guru mengajukan pertanyaan yang menstimulasi proses diskusi dan berpikir kritis
PERILAKU YANG DIANJURKAN
Guru mengajukan pertanyaan terbuka untuk memancing proses diskusi dan berpikir kritis
Guru mengajukan pertanyaan yang mengaitkan konsep yang dipelajari dengan konsep sebelumnya
Guru mengajukan yang meminta peserta didik membandingkan dua konsep yang berbeda
PERILAKU YANG DIHINDARI
Guru mengajukan pertanyaan hanya untuk menguji pemahaman peserta didik
Guru mengajukan pertanyaan yang meminta peserta didik mengulang konsep yang disampaikan
Guru menghakimi jawaban peserta didik sehingga membuat peserta didik yang lain ragu buat menjawab
3
Guru memfasilitasi terjadinya diskusi kelompok yang interaktif, kritis dan inklusif
PERILAKU YANG DIANJURKAN
Guru memotivasi peserta didik untuk menyampaikan pendapat secara terbuka
Guru mengajukan pertanyaan yang memicu terjadinya diskusi kelompok
Guru berkeliling kelas untuk memberikan bimbingan pada kelompok dalam berdiskusi
PERILAKU YANG DIHINDARI
Guru hanya duduk di depan dan membiarkan kelompok berdiskusi sendiri
Guru membiarkan peserta didik membentuk kelompok sendiri sesuka hatinya
Guru mengabaikan atau melarang perbedaan pendapat
Komentar
Posting Komentar