Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Tahun 2024 Mapel Sosiologi Kelas XI
Kisi-kisi soal penilaian akhir tahun mapel sosiologi
- Disajikan informasi tentang konflik sosial, siswa mengidentifikasi jenis konflik ras.
- Disajikan informasi tentang konflik sosial, siswa mengidentifikasi jenis konflik ekonomi.
- Disajikan informasi tentang konflik sosial, siswa mengidentifikasi jenis konflik politik.
- Disajikan informasi tentang konflik sosial, siswa mengidentifikasi jenis konflik inernasional.
- Disajikan informasi tentang kekerasan, siswa mengidentifikasi kekerasan dalam rumah tangga.
- Disajikan informasi tentang kekerasan, siswa mengidenifikasi kekerasan digital.
- Disajikan informasi tentang kekerasan, siswa mampu menawarkan gagasan desa toleran.
- Disajikan informasi tentang kekerasan, siswa mampu menawarkan gagasan desa damai.
- Disajikan deskripsi sebuah penelitian, siswa mampu mengidentifikasi latar belakang penelitian.
- Disajikan deskripsi sebuah penelitian, siswa mampu mengidentifikasi rumusan masalah penelitian.
- Disajikan deskripsi sebuah penelitian, siswa mampu mengidentifikasi tujuan penelitian.
- Disajikan deskripsi sebuah penelitian, siswa mampu mengidentifikasi manfaat penelitian.
- Disajikan deskripsi sebuah penelitian, siswa mampu mengidentifikasi kajian literatur.
- Disajikan deskripsi sebuah penelitian, siswa mampu mengidentifikasi metode penelitian.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi pendekatan penelitian yang digunakan.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi waktu penelitian.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi fokus penelitian.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi subjek penelitian.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi sumber data primer.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi sumber data sekunder.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi teknik pengumpulan data yang digunakan.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi instrumen penelitian yang digunakan.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi teknik olah data yang dilakukan.
- Disajikan deskripsi sebuah metode penelitian, siswa mampu mengidentifikasi teknik analisis data
- Disajikan deskripsi tentang seni tari, mulai dari sejarah seni tari, fungsi seni tari, pergeseran fungsi seni tari. Melalui deskripsi tersebut, siswa mampu mengidentifikasi mitigasi seni tari yang asing di mata anak muda, dan adaptasi seni tari kekinian melalui media digital.
- Disajikan fungsi seni tari kontemporer perwududannya dalam iklan promo pariwisata Indonesia di media digital. Melalui deskripsi tersebut, siswa mampu mengidentifikasi fungsi seni tari di era kekinian.
- Disajikan tabel tentang jenis-jenis tari se indonesia. Melalui tabel tersebut siswa diajak mengidentifikasi tidak hanya berfungsi tontonan dan hiburan disajikan dengan kadar estetisnya saja, tetapi secara kritis tentang fungsi tari sebagai identitas sosial.
- Siswa mendapatkan informasi tentang Tari Saman, kemudian siswa diajak berfikir kritis untuk menggunakan tari saman sebagai alat diplomasi di beberapa kantor kedutaan negara asing.
- Disajikan hasil penelitian tentang pesona seni tari menjadi aset wisata pariwisata budaya Indonesia. Siswa diajak melakukan identifikasi tentang pengalaman estetis yang mampu menarik wisatawan meliputi gerak tubuh penari, kostum, penyampaian atau penyajian, dan ritual pertunjukannya. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/14925
- Disajikan deskripsi tentang seni religi Hadrah yang dapat bernegosiasi dan diterima pada masyarakat. Selanjutnya siswa diajak mengidentifikasi aspek lain dari fenomena seni religi hadrah diantaranya ekonomi, budaya, dan pendidikan yang dipengaruhi dari pagelaran seni religi hadrah.
- Siswa mendapatkan informasi tentang 9 track diplomasi ala Louise Diamond dan John W. McDonnal. Kemudian siswa diminta memberi contoh salah satu model track dari diplomasi tersebut.
- Disajikan daftar kuliner yang telah resmi diakui unesco menjadi warisan budaya tak benda. Selanjutnya siswa diajak berfikir kritis untuk menggali nilai penting nasi rawon menjadi warisan budaya tak benda unesco.
- Disajikan kasus model pengembangan wisata desa berbasis pentas seni tari. Disajikan informasi tentang sebelum ada model dan setelah penerapan model. Siswa kemudian disajikan permasalahan pelik perihal pergeseran sistem mata pencaharian dari berbasis ekologi menjadi berbasis wisata. Setelah itu siswa diminta memberi alternatif tentang jalan ketiga agar potensi ekologi dan potensi budaya saling mendukung satu sama yang lain.
- Disajikan informasi tentang fenomena senam kreasi yang digunakan dalam promo wisata pantai. Melalui informasi tersebut, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi fungsi senam kreasi dalam mendukung program pemberdayaan dan pemajuan sebuah desa.
- Disuguhkan tentang informasi tentang sosiologi lansia. Selanjurnya siswa diajak berempati terhadap lansia melalui senam kreasi.
- Disajikan informasi tentang keragaman budaya fashion. Melalui informasi tersebut, siswa diajak mengusung gagasan fashion show berlandaskan budaya fashion dari beragam suku di Indonesia.
- Disajikan informasi tentang fashion show dunia. Melalui keragaman busana nusantara siswa diajak mengeksplore desain fashion untuk promosi wisata indonesia di tingkat dunia. Siswa juga diajak berfikir menggunakan fashion nusantara untuk alat diplomasi dengan negara-negara asing.
- Disuguhkan fashion identitas sosial masyarakat pati melalui batik bakaran. Selanjutnya siswa diajak berfikir dalam mempromosikan batik bakaran menjadi warisan budaya benda.
- Disajikan informasi tentang masalah budaya manusia Indonesia adalah tidak disiplin. Melalui informasi tersebut, siswa diajak berfikir tentang PBB Kreasi dalam meningkatkan budaya disiplin.
- Disajikan definisi seni barongan, siswa mampu mengidentifikasi norma sosial yang disajikan dalam informasi tersebut.
- Siswa sedang melakukan penelitian tentang seni barongan. Selanjurnya siswa diajak berfikir tentang bagaimana cara menjawab pertanyaan penelitian tentang Pola Pewarisan Bentuk dan Nilai di Masyarakat.
- Siswa diajak berfikir tentang bagaimana Seni barongan menjadi komoditas eksport dalam transaksi seni dunia.
- Disajikan informasi tentang penelitian barongan untuk ruwatan anak. Rumusan masalah yang dijawab dalam penelitian tersebut adalah bagaimana peran seni barongan menjadi daya tarik tamu datang dalam hajatan warga.
- Disajikan barongan menjadi potensi wisata. Melalui informasi tersebut, siswa diajak berfikir tentang bagaimana mengemas seni barongan yang dapat menarik wisatawan.
- Disajikan pertunjukan seni kethoprak, selanjutnya siswa diajak mengidentifikasi proses sosialisasi tahapan pernikahan.
- Soal uraian
- Soal uraian
- Soal uraian
- Soal uraian
- Soal uraian
Penulis adalah Suhadi, guru Sosiologi SMA Negeri 1 Jakenan
Komentar
Posting Komentar