Kisi-Kisi Soal Fase F Penilai Akhir Tahun Pelajaran 2023/2024 Mapel Sosiologi

Kisi-kisi soal penilaian akhir tahun mapel sosiologi 

  1. Disajikan deskripsi tentang seni tari, mulai dari sejarah seni tari, fungsi seni tari, pergeseran fungsi seni tari. Melalui deskripsi tersebut, siswa mampu mengidentifikasi mitigasi seni tari yang asing di mata anak muda, dan adaptasi seni tari kekinian melalui media digital.  
  2. Disajikan fungsi seni tari kontemporer perwududannya dalam iklan promo pariwisata Indonesia di media digital. Melalui deskripsi tersebut, siswa mampu mengidentifikasi fungsi seni tari di era kekinian. 
  3. Disajikan tabel tentang jenis-jenis tari se indonesia. Melalui tabel tersebut siswa diajak mengidentifikasi tidak hanya  berfungsi tontonan dan hiburan disajikan dengan kadar estetisnya saja, tetapi secara kritis tentang fungsi tari sebagai identitas sosial.
  4. Siswa mendapatkan informasi tentang Tari Saman, kemudian siswa diajak berfikir kritis untuk menggunakan tari saman sebagai alat diplomasi di beberapa kantor kedutaan negara asing.  
  5. Disajikan hasil penelitian tentang pesona seni tari menjadi aset wisata pariwisata budaya Indonesia. Siswa diajak melakukan identifikasi tentang pengalaman estetis yang mampu menarik wisatawan meliputi  gerak tubuh penari, kostum, penyampaian atau penyajian, dan ritual pertunjukannya.
  6. Disajikan deskripsi tentang  seni religi Hadrah yang dapat bernegosiasi dan diterima pada masyarakat.  Selanjutnya siswa diajak mengidentifikasi aspek lain dari fenomena seni religi hadrah diantaranya ekonomi, budaya, dan pendidikan yang dipengaruhi dari pagelaran seni religi hadrah. 
  7. Siswa mendapatkan informasi tentang 9 track diplomasi ala Louise     Diamond     dan     John     W. McDonnal. Kemudian siswa diminta memberi contoh salah satu model track dari diplomasi tersebut. 
  8. Disajikan daftar kuliner yang telah resmi diakui unesco menjadi warisan budaya tak benda. Selanjutnya siswa diajak berfikir kritis untuk menggali nilai penting nasi rawon menjadi warisan budaya tak benda unesco.
  9. Disajikan kasus model pengembangan wisata desa berbasis pentas seni tari. Disajikan informasi tentang sebelum ada model dan setelah penerapan model. Siswa kemudian disajikan permasalahan pelik perihal pergeseran sistem mata pencaharian dari berbasis ekologi menjadi berbasis wisata. Setelah itu siswa diminta memberi alternatif tentang jalan ketiga agar potensi ekologi dan potensi budaya saling mendukung satu sama yang lain. 
  10. Disajikan informasi tentang fenomena senam kreasi yang digunakan dalam promo wisata pantai. Melalui informasi tersebut, siswa diharapkan mampu mengidentifikasi fungsi senam kreasi dalam mendukung program pemberdayaan dan pemajuan sebuah desa.  
  11. Disuguhkan tentang informasi tentang sosiologi lansia. Selanjurnya siswa diajak berempati terhadap lansia melalui senam kreasi.
  12. Disajikan informasi tentang keragaman budaya fashion. Melalui informasi tersebut, siswa diajak mengusung gagasan fashion show berlandaskan budaya fashion dari beragam suku di Indonesia. 
  13. Disajikan informasi tentang fashion show dunia. Melalui keragaman busana nusantara siswa diajak mengeksplore desain fashion untuk promosi wisata indonesia di tingkat dunia. Siswa juga diajak berfikir menggunakan fashion nusantara untuk alat diplomasi dengan negara-negara asing. 
  14. Disuguhkan fashion identitas sosial masyarakat pati melalui batik bakaran. Selanjutnya siswa diajak berfikir dalam mempromosikan batik bakaran menjadi warisan budaya benda. 
  15. Disajikan informasi tentang masalah budaya manusia Indonesia adalah tidak disiplin. Melalui informasi tersebut, siswa diajak berfikir tentang PBB Kreasi dalam meningkatkan budaya disiplin. 
  16. Disajikan definisi seni barongan, siswa mampu mengidentifikasi norma sosial yang disajikan dalam informasi tersebut. 
  17. Siswa sedang melakukan penelitian tentang seni barongan. Selanjurnya siswa diajak berfikir tentang bagaimana cara menjawab pertanyaan penelitian tentang  Pola Pewarisan Bentuk dan Nilai di Masyarakat. 
  18. Siswa diajak berfikir tentang bagaimana Seni barongan menjadi komoditas eksport dalam transaksi seni dunia.  
  19. Disajikan informasi tentang penelitian barongan untuk ruwatan anak. Rumusan masalah yang dijawab dalam penelitian tersebut adalah bagaimana peran seni barongan menjadi daya tarik tamu datang dalam hajatan warga.  
  20. Disajikan barongan menjadi potensi wisata. Melalui informasi tersebut, siswa diajak berfikir tentang bagaimana mengemas seni barongan yang dapat menarik wisatawan.
  21. Disajikan pertunjukan seni kethoprak, selanjutnya siswa diajak mengidentifikasi proses sosialisasi tahapan pernikahan. 
Penulis adalah Suhadi, guru Sosiologi SMA Negeri 1 Jakenan

Komentar

Postingan Populer