Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mengenal Kelompok Sosial Berbasis Kearifan Lokal

 Nama Mata Pelajaran              : Sosiologi
Tema/Materi Pembelajaran      : Mengenal Kelompok Sosial 
Tujuan Materi Pembelajaran   : Mengenal Kelompok Sosial Berbasis Kearifan Lokal 
Indikator Pembelajaran           :
- mengetahui sejarah berdirinya kelompok sosial berbasis kearifan lokal
- mengetahui anggota kelompok sosial berbasis kearifan lokal
- mengidentifikasi masalah yang di hadapi kelompok sosial berbasis kearifan lokal
- menemukan ide kreatif dalam menyelesaikan masalah kelompok sosial berbasis kearifan lokal
- mengidentifikasi harapan kelompok sosial berbasis kearifan lokal
Alokasi waktu                         : 90 menit 

A.  PENDAHULUAN

Kelompok sosial merupakan ruang publik yang para anggotanya sepakat menyusun norma secara kolektif guna mencapai tujuan yang telah disepakati bersama-sama. Berfungsi untuk ruang berserikat dan berkumpul. setiap keberadaan kelompok sosial memiliki latar lingkungan sosial dan budaya yang unik. Dari setiap keunikan yang ada, setiap kelompok sosial memiliki diversitas sejarah, keunikan kelompok. anggota, cara kerja, aksi dan tindakan nyata, ide kreatif, hingga harapan keberadaan kelompok sosial tersebut. Namun dalam prosesnya, setiap kelompok sosial mendapat permasalahan sosial. Bahkan tidak berhenti disitu, permasalahan yang mendera kelompok sosial akan berpotensi munculnya konflik dan kekerasan sosial. Maka untuk itu, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan kritis dan kreatif dalam memberikan pemecahan masalah yang solutif terhadap dinamika kehidupan sosial di tengah dinamika masyarakat digital saat ini. 

Adalah kelompok sosial pelestari jamu tradisional. Keberadaan kelompok sosial ini cukup menarik digunakan kajian dalam pembelajaran. Pertama, kelompok sosial ini memiliki tarikan historis yang cukup panjang sebagai kelompok sosial warisan nenek moyang. Kedua, kelompok sosial tersebut menyimpan gaya hidup sehat melalui pengetahuan meracik bahan rempah menjadi jamu. Ketiga, kelompok sosial ini memiliki produk yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Keempat, keberadaannya masih tetap eksis dan adaptif dalam dinamika masyarakat digital. 

Berdasarkan tinjaun tersebut, kelompok sosial pelestari jamu tradisional cukup relevan digunakan media pembelajaran dalam dalam mengenal kelompok sosial. 

B.  
KEGIATAN INTI 

Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran mengenal kelompok sosial berbasis kearifan lokal. 
  1. Guru dan siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran 
  2. Guru mencatat kehadiran siswa di ruang kelas XI 7
  3. Guru memotivasi para siswa untuk tetap menjaga kesehatan dan mencintai produk berbasis kearifan lokal melalui lantunan lagu "Suwe Ora Jamu."  
  4. Guru menjelaskan materi kelompok sosial, mulai dari pengertian kelompok sosial, sejarah terbentuknya kelompok sosial, karakteristik anggota, dan masalah-masalah dalam kelompok sosial.  
  5. Guru membagi kelompok siswa untuk mengkaji artikel yang telah disediakan dengan merespon melalui link googleform berikut https://forms.gle/g7ctJnt9wfM2Wytk9.  
  6. Siswa melakukan presentasi dan diskusi secara kritis dan kreatif dalam memberikan pemecahan masalah yang solutif terhadap dinamika kelompok sosial pelestari jamu tradisional di tengah dinamika masyarakat digital saat ini.
  7. Guru melakukan pengamatan untuk mengukur pemahaman konsep dan keterampilan proses 

    Keterangan: Sebaran waktu disesuaikan berdasarkan kebutuhan, dengan kalkulasi durasi 90 menit. 
 C.   PENUTUP 
Setelah presentasi dan diskusi berlangsung, pembelajaran ditutup dengan langkah sebagai berikut; 
  1. Guru menyampaikan tugas pembelajaran kepada siswa untuk melakukan pengamatan sederhana yaitu mengidentifikasi kelompok sosial jamu tradisional yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa. 
  2. Guru menyampaikan rencana tindak lanjut dalam pembelajaran berikutnya yaitu menemukan ide kreatif dalam mendukung kearifan lokal kelompok sosial pelestari jamu tradisional 

Sumber/ Media Pelatihan: 

2. Artikel Jamu, dalam  https://id.wikipedia.org/wiki/Jamu
3. Artikel Jawa Tengah Gudang Tanaman Jamu, dalam https://radarbangsa.co.id/jawa-tengah-gudang-tanaman-jamu/
4. Artikel Potensi dan Kendala Pertumbuhan Industri Jamu di Tengah Pandemi, dalam https://www.voaindonesia.com/a/potensi-dan-kendala-pertumbuhan-industri-jamu-di-tengah-pandemi/5682111.html
5. Artikel Jamu Indonesia tembus pasar Arab Saudi, dalam https://www.antaranews.com/berita/1661102/jamu-indonesia-tembus-pasar-arab-saudi
6. Artikel Jamu dan Empon-empon Kita: Belajar dari Serat Centhini, https://www.mongabay.co.id/2020/03/19/jamu-dan-empon-empon-kita-belajar-dari-serat-centhini/
7. Artikel Sentuhan Teknologi Jamu Cilacap, http://lipi.go.id/berita/sentuhan-teknologi-jamu-cilacap--/5072
8. Artikel Cerita Akhir Pekan: Sejarah Jamu Nusantara, Jadi Andalan untuk Jaga Kesehatan Sejak Era Sriwijaya, link, https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4201611/cerita-akhir-pekan-sejarah-jamu-nusantara-jadi-andalan-untuk-jaga-kesehatan-sejak-era-sriwijaya
9. Artikel Saintikasi Jamu : Membangun kesejahteraan dan Kesehatan Masyarakat, dalam http://balittro.litbang.pertanian.go.id/?p=189 


Komentar

Postingan Populer