Dukungan Terhadap Kelompok Sosial Pelestari Jamu Tradisional Kelas XI 7 - Edisi Merdeka Belajar

Interaksi sosial dalam Kelompok Sosial Jamu

Download gambar thumnail

Berikut ini merupakan kumpulan berkas video dan artikel karya siswa yang didalamnya memuat tentang dukungan terhadap kelompok sosial pelestari jamu tradisional. Berkas digital tersebut merupakan bagian dari produk pembelajaran sosilogi kelas XI tepatnya saat mengulas materi kelompok sosial.


Dipilih kelompok sosial pelestari jamu tradisional didasarkan acuan CP dan ATP mata pelajaran Fase F, dimana capaian pembelajaran difokuskan dalam mengidentifikasi keberadaan kelompok sosial. Dan pada saat yang sama, keberadaan kelompok sosial jamu tradisional juga mengalami kendala dalam menjaga eksistensi dan keberadaannya. Berdasar pertimbangan capaian pembelajaran beserta keberadaan kelompok sosial jamu yang memiliki peranan penting dalam mewariskan pengetahuan, produk, hingga khasiat jamu dalam mendukung kesehatan masyarakat, maka dipilihlan kelompok sosial jamu dalam pembelajaran kali ini.    

Peserta Pembelajaran 

Langkah-langkah Pembelajaran

Dalam rangka mencapai pemahman konsep dan keterampilan proses, berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran mengidentifikasi keberadaan kelompok sosial beserta masalah dan pendekatan solusinya; 
1. Literasi jamu tradisional dengan mengujungi link berikut ini; https://sosiologismanja.blogspot.com/2023/10/literasi-jamu-tradisional.html
2. Para siswa merespon literasi tersebut dengan menjawab pertanyaan sebagai berikut; 
- pengertian jamu
- sejarah jamu 
- cara membuat jamu
- jenis jamu jawa tengah
- tanaman jamu jawa tengah
- potensi jamu jawa tengah
- kendala jamu jawa tengah
- pengaruh gerakan jamu terhadap pengetahuan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat 
3. Siswa melakukan kunjungan ke kelompok sosial pelestari jamu dengan mengidentifikasi sebagai berikut; 
- sejarah berdirinya kelompok jamu tersebut
- anggota kelompok sosial jamu
- masalah yang di hadapi kelompok sosial
- cara menyelesaikan masalah
- harapan kelompok sosial pelestarian jamu
4. Siswa membuat artikel sederhana yang memuat poin-poin yang ada pada nomor tiga
5. Siswa membuat jamu tradisional dalam rangka mendalami pengetahuan dan masalah yang dimiliki dan dialami oleh kelompok sosial jamu
6. Siswa melakukan dukungan digital terhadap kendala kelompok sosial jamu tradisional
7. Siswa membuat video pendek yang berisikan tentang dukungan terhadap kelompok jamu tradisional |
8. Siswa melakukan diskusi bersama yang didalamnya memuat tentang penyajian hasil kunjungan, identifikasi karakteristik kelompok sosial, masalah kelompok sosial, dan solusi dalam meringankan kendala yang dialamai kelompok sosial tersebut.

Contoh Script Dukungan Terhadap Bakul Jamu 

Dukungan terhadap kelompok sosial plestari jamu tradisional. Selamat pagi Indonesia perkenalkan nama saya...siswa dari SMAN 1 Jakenan kelas... Kemarin pada hari,tgl,bulan tahun 2023 saya berkunjung ke kelompok sosial pelestari jamu tradisional yang beralamatkan di...saya berkunjung ke rumah...beliau merupakan pembuat jamu tradisional dari tahun... jamu yang dibuat saat ini merupakan....hingga saat ini memproduksi apa saja...walaupun demikian, beliau memiliki masalah...

Maka dari itu dalam rangka mendukung keberadaan kelompok sosial pelestari jamu tradisional yang terbukti secara turun temurun dari nenek moyang hingga sekarang menjadi minuman yang menyehatkan. Maka mari bersama sama meminum jamu

Produk Pembelajaran Artikel Kunjungan 

Pada hari Sabtu 14 Oktober saya melakukan pengamatan dengan penjual jamu di Bendar, dekat SD bendar,  penjual jamu tersebut bernama Mbak Ika.
Pengamatan Terhadap Kelompok Sosial Pelestari Jamu di Desa Bendar Kec.Juwana
Penulis: Novita Nurul Arisetyaningsih 
https://nopitaa06.blogspot.com/2023/10/pengamatan-terhadap-kelompok-sosial.html

bu Rubinah pertama kali membuat dan menjual jamu pada tahun 1999 pada saat umur 27 tahun. Mula mula ibu Rubinah membuat jamu atas dasar ingin membantu Suami mencari nafkah dan juga karena latar belakang ibu Rubinah sejak dari neneknya adalah pembuat jamu di Kota Solo.

Pengamatan Kelompok Sosial Pelestari Jamu di Desa Tambah Mulyo
Penulis: Mohammad Zaenal Abidin
https://nallbdnn.blogspot.com/2023/10/pengamatan-kelompok-sosial-pelestari.html

lbu Dewi Melestarikan Jamu Di desa Karangrejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten pati, Jawa Tengah

Melestarikan Jamu Di desa Karangrejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten pati, Jawa Tengah
Penulis: Niken dan Selvi 
https://selviwinda63.blogspot.com/2023/10/pengamatan-kelompok-sosial-yang-masih.html

Ibu Yunita Fitriani, Penjual Jamu Tradisional

Pengamatan Kelompok Sosial Jamu, Ibu Yunita Fitriani
Penulis: Alisa Yuli Nur Lutfiyah, Devianti Kiera Khoirunnisa, Julia Nanda Septiani, Naysilla Alya Safitri, Silvana Febriani, dan Vania Chelsia Putri
https://vaniachelsia.blogspot.com/2023/10/pengamatan-kelompok-sosial-jamu.html

Mak Surati melestarikan jamu di desa Karangrejo Kec Juwana Kab Pati Jawa Tengah

Mak Surati melestarikan jamu di desa Karangrejo Kec Juwana Kab Pati Jawa Tengah
Penulis: Putri, Liya, dan Mita 
https://lamakwn.blogspot.com/2023/10/mak-surati-melestarikan-jamu-di-desa.html

Pengamatan Jamu

Pengamatan Jamu
Penulis: Hernando Oktaviano dan Rastra Adhi Bintara 
https://975313579.blogspot.com/2023/10/jamu.html

Mbak Ida, penjual jamu di Colo, Karangboyo dekat Pabrik Sinar Logam

Pengamatan terhadap kelompok sosial pelestarian jamu
Penulis: Esthi Nur Choirun Nisa, Kholifah Nur Aini, Rizky Nabila Zahro, Zulfa Inesya Elva Mahista 
https://esthiiincn.blogspot.com/2023/10/pengamatan-terhadap-kelompok-sosial.html

Ibu Seh, Pelestari Jamu dari Desa Karang Rejo, dukuh Mencolo

Ibu Seh, Pelestari Jamu dari Desa Karang Rejo, dukuh Mencolo
Penulis: Lulu Sya Baniah, Raya Rizkika Anastasya, Rema Ummiati, dan Tasya Putri Eki.
https://syabanialulu.blogspot.com/2023/10/pengamatan-kelompok-sosial-jamu.html


Ibu Nur Cahyati, Pemulia Jamu dari Desa Pekalongan Winong 
Penulis adalah Julia Wika Akhana, Yuliana Tri Handani, Destiana Nabila Putri, dan Jihan Maria Zulfa

Produk Pembelajaran Video Dukungan (proses)
Produk Pembelajaran Video Kunjungan (proses)
Produk Pembelajaran Diskusi Kendala Pelestari Jamu (proses)
Pesan dan Kesan Pembelajaran (proses) 
Tindak Lanjut Produk Pembelajaran (proses)
Pengajuan Nilai (proses)

Pereview adalah Suhadi, Guru Sosiologi di SMA Negeri 1 Jakenan, Jawa Tengah

Komentar

Postingan Populer