Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Fase E


Capaian Pembelajaran 

Pada akhir fase E, peserta didik mampu; memahami fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji masyarakat yang memberikan landasan berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam merespons gejala sosial yang terjadi di masyarakat. Dengan berbekal pengetahuan kritis itu, peserta didik mampu mempraktikkan pengetahuan sosiologi untuk mengenali identitas diri dan lingkungan sosial sekitarnya yang beragam sehingga mampu berperilaku sesuai dengan lingkungan sosial budaya masyarakatnya. Pemahaman tentang hubungan sosial mulai dari lingkungan terdekat hingga kelompok masyarakat yang lebih luas membantu dalam mewujudkan tertib sosial dalam masyarakat melalui berbagai lembaga sosial. Pengenalan dan pemahaman akan berbagai ragam gejala sosial dapat menumbuhkan sikap toleransi dan empati sosial dalam diri peserta didik dalam bingkai masyarakat multikultural. Dalam fase ini, peserta didik juga dibekali dengan kemampuan melakukan penelitian dasar berupa pengumpulan data untuk mengkaji realitas sosial dan gejala sosial serta mampu mengomunikasikan hasil penelitian secara sederhana.

Pemahaman Konsep

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami fungsi sosiologi sebagai ilmu yang secara kritis mengkaji masyarakat. Di samping itu peserta didik mampu mengenal identitas diri, menjelaskan tindakan sosial, menjelaskan hubungan sosial, menjelaskan peran lembaga sosial dalam mewujudkan tertib sosial, dan memahami berbagai ragam gejala sosial yang ada di masyarakat multikultural melalui konsep-konsep dasar sosiologi. 

Keterampilan Proses

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu melakukan penelitian sosial sederhana dengan memilih metode yang tepat untuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengorganisasikan informasi, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil penelitian tentang berbagai keragaman gejala sosial dengan konsep dasar sosiologi. Peserta didik mampu merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif.

Fase E/Pemahaman Konsep  
Topik 1 Fungsi Sosiologi sebagai ilmu 
Topik 2 Identitas Sosial 
Topik 3 Hubungan Sosial 
Topik 4 Lembaga Sosial 
Topik 5 Tertib Sosial 
Topik 6 Ragam Gejala Sosial (kerawanan sosial)
Topik 7 Masyarakat Multikultural 
Topik 8 Dasar-dasar Penelitian Sosial 
Topik 9 Teknik Mengkomunikasikan Hasil Penelitian Sosial di Era Digital
Download Literasi Sosiologi sebagai Ilmu 
Download Literasi Penelitian Sosial
Download Glosarium
Download LKPD Siswa
Link Pengiriman Produk 
Update Partisipasi Pembelajaran

Fase E/Keterampilan Proses
Topik 10 Merancang Penelitian Potensi Desa, Mitigasi Kerawanan Sosial, dan Jaring Pengaman Sosial 
Topik 11 Mengumpulkan informasi dengan metode pengamatan dan wawancara 
Topik 12 Mengolah dan menyajikan informasi secara kritis, analitis, dan kreatif 
Topik 13 Menarik simpulan tentang berbagai keragaman gejala sosial 
Topik 14 Mengkomunikasikan Hasil Penelitian Sosial secara Digital
Topik 15 Merencanakan Projek lanjutan secara kolaboratif.
Download Pedoman Pengamatan 
Download Pedoman Wawancara  
Download Pedoman Olah Data 
Download Visualisasi Data 
Download Analisis Data 
Download Presentasi Digital 
Download Glosarium
Download LKPD Siswa
Link Pengiriman Produk 
Update Partisipasi Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran

 

Fase E

Kata Kunci

Topik Indikator

Penilaian

Jumlah Jam

10.3 Mampu memahami penelitian dasar berupa pengumpulan data untuk mengkaji realitas sosial dan gejala sosial serta mampu mengomunikasikan hasil penelitian secara sederhana.

Sistematika penelitian sosial

Memberikan penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci tentang pengertian, jenis-jenis, proses, dan kegunaan penelitian sosial untuk pemajuan msyarakat.

     Mampu memberikan penjelasan dan contoh tentang kegiatan penelitian sosial

     Mampu mengidentifikasi jenis-jenis penelitian sosial yang kreatif

     Mampu mengidentifikasi proses penelitian yang bernalar kritis

     Mampu mengidentifikasi contoh penelitian sosial yang berguna untuk pemajuan masyarakat

 

 

Teknik Pengumpulan Data

Memberikan penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci tentang teknik pengumpulan data

     Mampu mengidentifikasi jenis penelitian sosial terdahulu yang bertemakan potensi unggulan desa, kerawanan sosial, dan jaring pengaman sosial

     Mampu mengidentifikasi teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian sosial yang bertemakan potensi unggulan desa, kerawanan sosial, dan jaring pengaman sosial

 

 

Teknik menganalisis data penelitian

Memberikan penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci tentang teknik analisis data penelitian

     Mampu mengidentifikasi teknik analisis yang digunakan dalam penelitian sosial yang bertemakan potensi unggulan desa, kerawanan sosial, dan jaring pengaman sosial

 

 

Teknik presentasi hasil penelitian sosial  

Memberikan penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci tentang model presentasi digital di media sosial

     Kreatif dan kritis dalam mengidentifikasi teknik penyajikan hasil penelitian sosial terdahulu yang bertemakan potensi unggulan desa, kerawanan sosial, dan jaring pengaman sosial

 

10.4  Mampu melakukan penelitian sosial sederhana dengan memilih metode yang tepat untuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengorganisasikan informasi, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil penelitian tentang berbagai keragaman gejala sosial dengan konsep dasar sosiologi. 

Rancangan penelitian sosial

Memberikan penjelasan dalam menyusun rancangan penelitian sosial sederhana

     Mampu menyusun pedoman pengamatan dan wawancara penelitian bertemakan potensi unggulan desa, kerawanan sosial, dan jaring pengaman sosial

 

Praktik penelitian sosial sederhana

Memberikan pendampingan pelaksanaan penelitian sosial sederhana

     Berani mengamati dan bertanya dalam rangka mengumpulkan informasi penelitian

     Mampu mengorganisasikan informasi (olah data dan display/ penyajian informasi dengan pendekatan konsep sosial  

     Mampu menarik simpulan

 

10.5 Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara digital

Publikasi hasil penelitian

Memberikan pendampingan penyusunan laporan penelitian sosial berbasis digital

     Mampu menyusun laporan penelitian dan mengomunikasikan hasil penelitian tentang potensi unggulan desa, kerawanan sosial, dan jaring pengaman sosial dengan pendekatan digital.

 

Profil Pelajar Pancasila

Peserta didik menjadi pribadi yang memiliki akhlak kemanusiaan (Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, memberikan alternatif solusi untuk menjembatani perbedaan dengan mengutamakan kemanusiaan). Peserta didik menjadi pribadi yang berkebhinekaan global (Menyajikan pandangan yang seimbang mengenai permasalahan yang dapat menimbulkan pertentangan pendapat, memperlakukan orang lain dan budaya yang berbeda darinya dalam posisi setara dengan diri dan budayanya, serta bersedia memberikan pertolongan ketika orang lain berada dalam situasi sulit.) Peserta didik menjadi pribadi yang kreatif (Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampak dan resikonya bagi diri dan lingkungannya dengan menggunakan berbagai perspektif). Peserta didik menjadi pribadi yang bernalar kritis(Menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang digunakannya dalam menemukan dan mencari solusi serta mengambil keputusan). Peserta didik menjadi pribadi yang memiliki kesadaran bergotong royong (tanggap terhadap lingkungan sosial sesuai dengan tuntutan peran sosialnya dan berkontribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan keadaan yang lebih baik).

Glosarium


     Jaring pengaman sosial yaitu kearifan lokal, tradisi, hingga rekayasa sosial yang ada dalam masyarakat untuk saling solidaritas satu sama yang lain.

     Kearifan lokal merupakan perangkat pengetahuan dan tradisi yang didalamnya berfungsi memancarkan nilai-nilai universal diantaranya ketenangan, keadilan, keindahan, keselamatan, kecerdasan, dan kesejahteraan.

     Kemiskinan yaitu ketidakberdayaan anggota masyarakat dalam mengakses sumber daya sehingga yang bersangkutan tidak mendapatkan kesempatan dalam mencukupi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan hidup yang layak.

     Kerusakan alam merupakan suatu tatanan lingkungan yang mencemaskan dan mengkhawatirkan kehidupan masyarakat.

     Kesetaraan merupakan adanya kesamaan peran antar anggota kelompok dan masyarakat dalam mengakses sumber daya.

     Ketimpangan digital adalah ketidakberdayaan anggota masyarakat dalam mengakses informasi dan menyampaikan gagasan karena tidak mampu membeli dan atau tidak meratanya sarana dan prasarana digital atau infrastruktur teknologi informasi.

     Live streaming merupakan metode mempublikasikan penelitian konflik sosial melalui media digital, dimana masyarakat dapat mengakses publikasi hasil penelitian secara bersamaan walaupun tidak dalam lingkungan yang sama.

     Masyarakat digital yaitu tatanan sosial yang digerakkan oleh media digital, dimana dinamika norma sosial, interaksi sosial, tindakan sosial, hingga perubahan sosial berlangsung melalui media digital.

     Menelantarkan lansia yaitu siapa saja yang melakukan pembiaran atau lepas tangan atas tanggung jawab membantu dan melindungi orang yang lanjut usia.

     Pelakor atau perebut (le)laki orang merupakan tindakan merebut anggota pasangan dengan pendekatan sensualitas hingga daya ekonomi.

     Penelitian sosial merupakan tindakan sistematis dan logis dalam menjawab masalah-masalah konflik sosial.

     Pengamatan teknik mengumpulkan informasi dengan cara mengamati tindakan anggota masyarakat. Dalam konteks konflik sosial, pengamatan kerap kali dilakukan terhadap aktor konflik dan orang-orang yang terlibat guna untuk menyusun transformasi konflik sosial menuju integrasi sosial.

     Profil Pelajar Pancasila merupakan nilai-nilai Pancasila yang disosialisasikan kepada peserta didik guna terwujudnya manusia Indonesia yang Pancasilais. Adapun nilai-nilai Pancasila dalam Kurikulum Merdeka edisi Kemendikbud diantaranya karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri

     Wawancara yaitu teknik mengumpulkan informasi dengan cara bercakap-cakap oleh interviewer kepada informan. Dalam konteks konflik sosial, wawancara kerap kali dilakukan dengan aktor konflik dan orang-orang yang terlibat guna untuk menyusun transformasi konflik sosial menuju integrasi sosial.

Rasional Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran

Pengembangan materi dalam alur tujuan pembelajaran (ATP) dimaksudkan untuk memperdalam penguasaan konsep materi terkait di kelas X oleh peserta didik dan pencapaian kebermaknaan pembelajaran yang mendalam serta sesuai dengan kebutuhan pencapaian CP dalam pembelajaran. Selain itu, penyusunan ATP juga mempertimbangan tahapan dalam pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan system thinking (suatu proses untuk melihat segala sesuatu sebagai kesatuan utuh dan menekankan pada hubungan antar elemen yang ada pada suatu sistem). Cakupan konten ATP secara kritis juga menekankan pada perlunya kontekstualisasi pembelajaran yang sesuai dengan konsep materi ajar dan pemecahan solusi melalui studi penelitian. Pencapaian pembelajaran pada elemen keterampilan proses inkuiri (inquiry process skill) dapat dilakukan dengan beberapa alternatif, yakni terintegrasi dalam pencapaian elemen pemahaman konsep, berdiri sendiri dalam bentuk pelaksanaan proyek pembelajaran dan atau dilakukan dalam bentuk studi multidisiplin dengan mata pelajaran lainnya.

Catatan khusus penggunaan alur tujuan pembelajaran 

Penggunaan alur tujuan pembelajaran (ATP) perlu memperhatikan kondisi kesiapan satuan pendidikan yang terkait dengan intake siswa, kompetensi guru, heterogenitas kondisi siswa, ketersediaan sarana pendukung, dinamika lingkungan sekitar pembelajaran dan kearifan lokal budaya masyarakat setempat.

Download Materi Penelitian Sosial Sederhana

Ilmu Sosial [download]
Penelitian Sosial [download]
Garis Besar Rancangan Penelitian Sosial [download]
Teknik-teknik Penelitian Sosial Dalam Metode Kualitatif  [download]
Teknik-teknik Penelitian Sosial Dalam Metode Kuantitatif [download]
Menyusun Intrumen Penelitian Sosial [download]
Pengolahan Data Kualitatif [download]
Pengolahan Data Kuantitatif [download]
Teknik Pelaporan Penelitian Sosial [download]
Menyusun Karya Tulis Ilmiah Sosial [download]

Kepala SMA Negeri 1 Jakenan          Guru Mapel

 

Sasmito, S.Pd                                     Suhadi, S.Pd.,M.Pd
NIP 19730401 200501 1 002              NIP 19820403 200903 1 005

Komentar

Postingan Populer