10.3.1 Mampu memberikan penjelasan dan contoh tentang kegiatan penelitian sosial
Selamat datang di portal pembelajaran berbasis literasi digital. Portal pembelajaran ini diluncurkan dalam rangka mendukung khazanah literasi peserta didik. Pertama, membangun khazanah karakter profil Pelajar Pancasila. Kedua, membangun khazanah penjelasan serta contoh kegiatan penelitian sosial.
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa profil Pelajar Pancasila menekankan pada karakter akhlak kemanusiaan, berkebhinnekaan global, menjadi pribadi yang kreatif, bernalar kritis, dan memiliki kesadaran dalam bergotong-royong. Kali ini literasi difokuskan dalam mengembangkan akhlak kemanusiaan peserta didik dengan intrumen artikel dengan tema penelitian sosial di bidang etnomedisin. Akhlak kemanusiaan yang dimaksud adalah diharapkan peserta didik memiliki keberpihakan dalam menggerakkan literasi yang bersumber dari kearifan lokal (lontar usada masyarakat Bali) yang bermanfaat untuk kesehatan publik (pengobatan kejiwaan).
Selanjutya, kegiatan literasi kali ini juga diharapkan mampu mendongkrak pemahaman konsep dan keterampilan proses para siswa dalam memberikan penjelasan kegiatan penelitian sosial beserta contohnya.
Untuk mencapai kemampuan memahami penjelasan dan contoh tentang kegiatan penelisian sosial, peserta didik dapat memulai kegiatan literasi dengan langkah-langkah sebagai berikut;
Untuk mencapai kemampuan memahami penjelasan dan contoh tentang kegiatan penelisian sosial, peserta didik dapat memulai kegiatan literasi dengan langkah-langkah sebagai berikut;
- Bacalah artikel yang berjudul Lontar Usada Bali, Kitab Kuno yang Memuat Sistem Pengobatan Kejiwaan.
- Lakukan identifikasi tentang kegiatan penelitian sosial apa yang dimuat dalam artikel tersebut. Untuk menjawab point kedua ini, lakukan identifikasi penelitian sosial sebagai berikut; (a) kearifan lokal apa yang diteliti? (b) siapa, kapan, dan dimana dilakukan penelitian tersebut? (c) apa yang diteliti? (d) dengan teknik apa informasi dikumpulkan? (e) apa saja temuan dalam penelitian tersebut? (f) apa dampak yang dipancarkan pascapenelitian tersebut? (g) tindak lanjut apa yang perlu dilakukan.
- Tuangkan hasil identifikasi kalian dalam LKPD 10.1.3 (Lembar Kerja Peserta Didik)
- Atau kalian juga dapat menggunakan form untuk menuangkan hasil identifikasi untuk mengganti LKPD kalian.
- Lakukan diskusi terhadap hasil LKPD kalian dalam rangka menguji hasil identifikasi muatan penelitian sosial kalian dengan pendekatan kaidah proses diskusi.
- Selamat mengerjakan.
Komentar
Posting Komentar