RPP Deep Learning - Perubahan Sosial Gaya Hidup Sehat
Disusun oleh Suhadi
Mapel Sosiologi
Kelas XII 1, 2, 5, 6, dan 7
SMA Negeri 1 Jakenan
Tahun 2025
Kesiapan Belajar
Siswa belum mampu mengerjakan pretest tentang menganalisis perubahan sosial pada gaya hidup
Minat
Siswa cukup berminat menganalisis fenomena perubahan sosial gaya hidup sehat
Bakat
Siswa dapat mengumpulkan informasi melalui pengamatan dan wawancara tentang perilaku gaya hidup sehat saat ini
Profil pelajar
Siswa cenderung memiliki karakter visual dalam menunjukkan hasil pembelajar dalam bentuk foto dan video
Jenis pengetahuan yang akan dicapai
Faktual: masyarakat menggunakan layanan fasilitas kesehatan modern, dan meninggalkan praktik kesehatan klasikal
Konseptual: konsep tentang sehat dan sakit serta penyakit dari hasil pola asuh dan literasi media sosial
Prosedural: Mengidentifikasi norma sosial, struktur sosial, kearifan lokal dan praktik kesehatan, serta produk kesehatan yang ada di dalam masyarakat
Metakognitif: membangun identitas sosial tentang masyarakat sehat
Relevansi dengan kehidupan nyata peserta didik:
- kaitan konsep masyarakat yang sehat dengan gaya hidup siswa saat ini,
- warisan pengetahuan, sikap, dan tindakan tentang pola hidup sehat
Tingkat kesulitan: kompleksitas materi dengan keterampilan berfikir secara mendalam siswa
Struktur materi:
Metakognitif: membangun identitas sosial tentang masyarakat sehat
Relevansi dengan kehidupan nyata peserta didik:
- kaitan konsep masyarakat yang sehat dengan gaya hidup siswa saat ini,
- warisan pengetahuan, sikap, dan tindakan tentang pola hidup sehat
Tingkat kesulitan: kompleksitas materi dengan keterampilan berfikir secara mendalam siswa
Struktur materi:
- pendahuluan: pengenalan konsep sehat dan sakit serta penyakit
- Isi: menyajikan norma sosial sehat, struktur sosial kesehatan, kearifan lokal dan produk kesehatan,
- Refleks: tranformasi sosial identitas sosial tentang kesehatan menuju praktik kesehatan modern
Integrasi nilai dan karakter:
- kritis: menganalisis perubahan gaya hidup sehat masyarakat
- kreatif: mendesain gaya hidup sehat berbasis identitas sosial dan ilmu kesehatan modern
- kolaboratif: melakukan observasi dan interview tentang perubahan gaya hidup sehat masyarakat
Capaian Pembelajaran:
- Isi: menyajikan norma sosial sehat, struktur sosial kesehatan, kearifan lokal dan produk kesehatan,
- Refleks: tranformasi sosial identitas sosial tentang kesehatan menuju praktik kesehatan modern
Integrasi nilai dan karakter:
- kritis: menganalisis perubahan gaya hidup sehat masyarakat
- kreatif: mendesain gaya hidup sehat berbasis identitas sosial dan ilmu kesehatan modern
- kolaboratif: melakukan observasi dan interview tentang perubahan gaya hidup sehat masyarakat
Capaian Pembelajaran:
Siswa mmapu menganalisis perubahan gaya hidup sehat dahulu dan sekarang
Lintas disiplin ilmu:
Antropologi: manusia dan kebudayaannya menjadi keragaman dalam mengenal praktik kesehatan
Ekonomi: pengaruh modal, teknologi distribusi, dan alat produksi mempengaruhi masyarakat dalam mendapatkan dan menggunakan layanan kesehatan
Ekologi: lingkungan akan mempengaruhi jenis-jenis penyakit, sekaligus ketersediaan bahan untuk sehat
Antropologi: manusia dan kebudayaannya menjadi keragaman dalam mengenal praktik kesehatan
Ekonomi: pengaruh modal, teknologi distribusi, dan alat produksi mempengaruhi masyarakat dalam mendapatkan dan menggunakan layanan kesehatan
Ekologi: lingkungan akan mempengaruhi jenis-jenis penyakit, sekaligus ketersediaan bahan untuk sehat
Tujuan pembelajaran:
Siswa mmapu menganalisis perubahan gaya hidup sehat dahulu dan sekarang
- melalui kegiatan observasi, siswa mampu mengetahui praktik-praktik cara hidup sehat yang klasikal dan modern
- melalui kegiatan interview, siswa mampu mengetahui norma sosial tentang cara mengobati sakit yang klasikal dan modern
- melalui produk laporan visual, siswa mampu mendapatkan bukti mengidentifikasi perubahan gaya hidup sehat
- melalui produk laporan tertulis, siswa mampu mentranformasi identitas sosial cara hidup sehat secara klasikal menuju cara sehat modern
Topik pembelajaran:
- norma sosial pola hidup sehat
- struktur sosial yang berperan memegang pola hidup sehat
- praktik dan produk pola hidup sehat
Model pembelajaran:
- research based learning adalah model pembelajaran yang menekankan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses penelitian untuk mengembangkan keterampilan riset dan pemahaman konsep secara mendalam
Metode pembelajaran:
- mengidentifikasi latar belakang, merumuskan masalah, kajian literatur, mengumpulkan informasi menjadi data, mengolah data, menganalisis data, menarik simpulan.
Posting Komentar
0Komentar