RPP Deep Learning - Perubahan Sosial Gaya Hidup Sehat

Daun dan Biji
By -
0
RPP Deep Learning - Perubahan Sosial Gaya Hidup Sehat 

Disusun oleh Suhadi
Mapel Sosiologi 
Kelas XII 1, 2, 5, 6, dan 7
SMA Negeri 1 Jakenan 
Tahun 2025 

Kesiapan Belajar 
Siswa belum mampu mengerjakan pretest tentang menganalisis perubahan sosial pada gaya hidup 

Minat
Siswa cukup berminat menganalisis fenomena perubahan sosial gaya hidup sehat 
Bakat 
Siswa dapat mengumpulkan informasi melalui pengamatan dan wawancara tentang perilaku gaya hidup sehat saat ini 
Profil pelajar
Siswa cenderung memiliki karakter visual dalam menunjukkan hasil pembelajar dalam bentuk foto dan video 

Jenis pengetahuan yang akan dicapai 
Faktual: masyarakat menggunakan layanan fasilitas kesehatan modern, dan meninggalkan praktik kesehatan klasikal 
Konseptual: konsep tentang sehat dan sakit serta penyakit dari hasil pola asuh dan literasi media sosial 
Prosedural: Mengidentifikasi norma sosial, struktur sosial, kearifan lokal dan praktik kesehatan, serta produk kesehatan yang ada di dalam masyarakat 
Metakognitif: membangun identitas sosial tentang masyarakat sehat 

Relevansi dengan kehidupan nyata peserta didik:
- kaitan konsep masyarakat yang sehat dengan gaya hidup siswa saat ini,
- warisan pengetahuan, sikap, dan tindakan tentang pola hidup sehat 

Tingkat kesulitan: kompleksitas materi dengan keterampilan berfikir secara mendalam siswa 
Struktur materi: 
- pendahuluan: pengenalan konsep sehat dan sakit serta penyakit 
- Isi: menyajikan norma sosial sehat, struktur sosial kesehatan, kearifan lokal dan produk kesehatan, 
- Refleks: tranformasi sosial identitas sosial tentang kesehatan menuju praktik kesehatan modern

Integrasi nilai dan karakter: 
- kritis: menganalisis perubahan gaya hidup sehat masyarakat 
- kreatif: mendesain gaya hidup sehat berbasis identitas sosial dan ilmu kesehatan modern 
- kolaboratif: melakukan observasi dan interview tentang perubahan gaya hidup sehat masyarakat 

Capaian Pembelajaran: 
Siswa mmapu menganalisis perubahan gaya hidup sehat dahulu dan sekarang 

Lintas disiplin ilmu: 
Antropologi: manusia dan  kebudayaannya menjadi keragaman dalam mengenal praktik kesehatan
Ekonomi: pengaruh modal, teknologi distribusi,  dan alat produksi mempengaruhi masyarakat dalam mendapatkan dan menggunakan layanan kesehatan 
Ekologi: lingkungan akan mempengaruhi jenis-jenis penyakit, sekaligus ketersediaan bahan untuk sehat

Tujuan pembelajaran: 
Siswa mmapu menganalisis perubahan gaya hidup sehat dahulu dan sekarang 
- melalui kegiatan observasi, siswa mampu mengetahui praktik-praktik cara hidup sehat yang klasikal dan modern  
- melalui kegiatan interview, siswa mampu mengetahui norma sosial tentang cara mengobati sakit yang klasikal dan modern   
- melalui produk laporan visual, siswa mampu mendapatkan bukti mengidentifikasi perubahan gaya hidup sehat   
- melalui produk laporan tertulis, siswa  mampu mentranformasi identitas sosial cara hidup sehat secara klasikal menuju cara sehat modern

Topik pembelajaran: 
- norma sosial pola hidup sehat 
- struktur sosial yang berperan memegang pola hidup sehat 
- praktik dan produk pola hidup sehat 

Model pembelajaran: 
- research based learning adalah model pembelajaran yang menekankan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses penelitian untuk mengembangkan keterampilan riset dan pemahaman konsep secara mendalam

Metode pembelajaran: 
- mengidentifikasi latar belakang, merumuskan masalah, kajian literatur, mengumpulkan informasi menjadi data, mengolah data, menganalisis data, menarik simpulan. 

 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)