Soal Sumatif Akhir Semester Mapel Sosilogi Kelas XI
Kelompok sosial yang tergabung dalam pegiat budidaya tanaman pangan, merasa lega. Karena mereka mendapatkan bantuan sumur bor air bawah tanah sekaligus juga disubsidi bahan bakar untuk mengaktifkan mesin penyedot air. Sepuluh tahun yang lalu mereka tampak senang karena dapat memanen tanaman pangan tanpa mengenal musim. Namun nasib mereka sekarang sedang dirundung sedih. Sumur bor mereka tidak lagi mengeluarkan air. Mereka hanya bisa menyedot air bercampur lumpur. Mungkin saja yang dibawah sana sedang mengering. Nasib kelompok sosial tersebut semakin parah ketika suhu bumi semakin panas. Mereka sekarang dipaksa bekerja di luar lahan. Mereka bekerja serabutan, sembari menanti turunnya hujan.
Berikut ini merupakan gambaran singkat tentang hasil pengamatan Kelompok Sosial Seni Jathilan Laskar Kencana hasil wawancara Nur Kamilah Eka Putri dkk terhadap narasumber/informan.
Kelompok Sosial Seni Jathilan Laskar Kencana merupakan bagian dari strategi pemajuan desa melalui program pemberdayaan yang ada. Selian berfungsi untuk menyalurkan kreativitas seni anak-anak muda yang tergabung dalam karang taruna, Kelompok Sosial Seni Jathilan Laskar Kencana hadir untuk menggerakkan ruang ekonomi kreatif desa. Hal ini dapat dilihat adanya kolaborasi antara kelompok seni dengan resto laskar kencana yang dikelola oleh KarangTaruna desa.
Menanyakan biodata narasumber/ informan saat memulai wawancara cukup penting. Dilihat dari pedoman wawancara, fungsi seorang interviewer dalam menanyakan biodata informan adalah ...
a. biodata informan berfungsi untuk daftar lampiran dalam menyusun laporan
b. biodata informan berfungsi untuk mengetahui siapakah informan yang akan kita wawancarai
c. melalui informasi tentang siapakah informan, interviewer dapat mengembangkan wawancara berdasarkan latar belakang sosial budayanya
d. untuk mempermudah proses penyususnan laporan dan publikasi laporan di blog
e. Informan merupakan narasumber utama dalam sebuah wawancara yang perlu dihormati dengan cara menggunakan bahasa pengantar sehari - hari saat proses wawancara
(Jawaban C)
Soal Nomor 11
Berikut ini merupakan hasil pengamatan siswa dalam mengetahui asal- usul sebuah kelompok sosial karya Gita Ramadhani dkk.
Kelompok Sosial Rebana Musalla An-Nur merupakan bagian dari rekayasa sosial masyarakat dalam menyediakan ruang sosial anak-anak muda di desa Karangrejo Dukuh Karangboyo RT 01 RW 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Disinilah mereka belajar seni vocal dan musik tabuh. Berangkat dari ide agar Musalla An-Nur eksis secara sosial, ruang sosial di bidang seni tradisi ini telah berfungsi menjadi kontrol dari perilaku sosial. Lambat laun keberadaan kelompok sosial ini semakin meluaskan fungsinya. Ruang sosial seni rebana tidak hanya berkutat pada identitas sosial musalla saja. Fungsi turunan lainnya juga dipancarkan diantara menjadi media untuk wisata religi dan media transaksi ekonomi di bidang seni.
Dalam hal menyusun laporan penelitian kelompok sosial, peneliti diharapkan mampu menghubungkan antara asal usul tempat tinggal terhadap tindakan keseharian kelompok sosial yang bersangkutan. Fungsi mengetahui asal usul kelompok sosial terhadap tindakan sosial sebuah kelompok sosial adalah ....
a. peneliti dapat menjelaskan asal usul kelompok sosial
b. peneliti dapat menjelaskan tindakan sosial kelompok sosial
c. membangun laporan penelitian kelompok sosial yang sistematis dan logis
d. asal usul sebuah kelompok sosial dapat diduga mempengeruhi tentang pengetahuan, tingkah laku, dan produk yang dimiliki dan dihasilkan oleh sebuah kelompok sosial
e. kelompok sosial merupakan kumpulan anggota masyarakat yang memiliki harapan yang ingin dicapai bersama dengan cara yang disepakati bersama pula
(Jawaban D)
Soal Nomor 12
Konsep kelompok sosial mulai meluas. Hal ini dapat dilihat dari identifikasi Nur Kamilah dkk yang mengangkat fenomena Ziarah di makam seorang tokoh masyarakat yang bersemayam di Menara Kudus. Seperti halnya kelompok sosial lainnya, fungsi yang dipancarkan dari tindakan sosial ziarah adalah mengenal sosok tokoh yang dapat dijadikan rujukan akan pengetahuan dan tindakannya. Selain itu, pancaran fungsi lain dari fenomena ziarah adalah menggerakkan ekonomi kawasan. Hal ini dapat dilihat semakin bergeliatnya transaksi ekonomi di bidang transprotasi dan kuliner serta oleh-oleh setiap ada event sosial ziarah.
Tokoh masyarakat merupakan hal penting diketahui saat melakukan penelitian kelompok sosial. Dengan mengetahui siapa saja tokoh masyarakat, sebuah kelompok sosial akan terpetakan tentang siapa yang memimpin dinamika sebuah kelompok sosial tersebut. Jika suatu ketika tokoh masyarakat yang bersangkutan telah meninggal, informan yang layak diwawancarai untuk mengetahui keberadaan tokoh masyarakat tersebut adalah ...
a. anggota keluarga dari tokoh masyarakat yang telah meninggal
b. tetangga yang tempat tinggalnya berdampingan dengan tokoh masyarakat
c. mencari jejak digital dari tokoh masyarakat yang bersangkutan
d. orang yang diduga mengetahui siapakah tokoh masyarakat tersebut
e. siapa saja dapat menjadi tokoh masyarakat tanpa memandang garis keturunan
(Jawaban A)
Soal Nomor 13
Berikut ini merupakan hasil pengamatan sebuah kelompok sosial karya Dyah Ayu Melati Sari dkk.
Kelompok Sosial Al- Berzanji merupakan bagian dari kegiatan sosial keagamaan atau dapat dibilang bagian dari kelompok seni keagamaan. Dalam laporannya, kegiatan membaca sejarah Nabi Muhammad SAW telah difungsikan untuk meramaikan kegiatan tradisi merayakan kelahiran anak, khitanan, dan perkawinan. Dalam deskripsi hasil pengamatan juga disampaikan, kegiatan membaca sejarah kenabian tersebut juga telah menjadi ruang interaksi sosial warga serta berdampak dalam merajut ikatan sosial antar warga.
Berdasarkan isi dari pertanyaan tersebut, tema penelitian kelompok sosial yang tepat adalah ....
b. asal usul kelompok sosial
c. sumber pangan dan tata letaknya
d. fungsi turunan seni keagamaan
e. peninggalan barang kuno yang masih ada
(Jawaban D)
Soal Nomor 14
Studio foto merupakan bagian dari turunan dari kegiatan ekonomi pada masyarakat digital. Jasa dan produk yang ditawarkan adalah mendokumentasikan moment. Kegiatan melukis dengan cahaya ini, menurut Andi Dwi Saputra dkk, kerap berinteraksi dengan pelanggan untuk melakukan foto maternity, prewedding couple, wedding, self potret, self potret group, birthday photoshoot, family photoshoot, graduation photoshoot, dll. Dari laporannya tampak, jasa dokumentasi ini berjejaring dengan event tradisi. Jasa dokumentasi ini juga tampak berjejang dengan kelompok sosial digital lainnya dalam mempromosikan fungsinya. Inilah potret kelompok sosial masyarakat digital saat ini.
Berdasarkan gambaran singkat dari laporan Andi Dwi Saputra, tema penelitian kelompok sosial yang tepat adalah ....
a. peran kelompok sosial dalam masyarakat digital
b. peran kelompok sosial dalam mengatasi masalah pendidikan
c. peran kelompok sosial dalam masyarakat modern
d. peran kelompok sosial dalam mengatasi masalah lapangan pekerjaan
e. peran kelompok sosial dalam masyarakat tradisional
(Jawaban A)
Soal Nomor 15
Dalam rangka mengedepankan prinsip kebermanfaatan kegiatan pembelajaran untuk masyarakat, tindak lajut dari kegiatan pembelajaran kelompok sosial dalam sosiologi adalah semua peserta didik mempublikasikan produk pembelajaran melalui medsos. Dengan melakukan hal tersebut, pembelajaran kelompok sosial dapat membantu mempromosikan potensi desa yang dikunjungi.
Produk pembelajaran yang berisikan tentang visualisasi keseharian masyarakat desa disebut ...
a. artikel dokumenter
b. foto dokumenter
c. video dokumenter
d. film dokumenter
e. audio dokumenter
(Jawaban D)
Soal Nomor 16
Pendahuluan merupakan bagian awal laporan yang memuat tiga sub yaitu latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penulisan. Tiga hal tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Maksud dari hal tersebut adalah antara latar belakang dengan rumusan masalah beserta tujuan saling terkait satu sama yang lain. Latar belakang akan menentukan rumusan masalah yang dipilih, dan rumusan masalah akan menentukan sebuah tujuan.
Berikut ini yang termasuk contoh tulisan yang memuat latar belakang adalah ....
a. mungkin dalam pikiran kita masih terngiang-ngiang terhadap suporter yang identik dengan kelompok sosial berasa kerumunan dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kelompok yang dibela
b. tampak, warung menjadi kunci dalam mempertemukan anggota dan kelompok sosial lainnya
c. studio foto merupakan bagian dari turunan dari kegiatan ekonomi pada masyarakat digital, dimana jasa dan produk yang ditawarkan adalah mendokumentasikan moment
d. kegiatan membaca sejarah Nabi Muhammad SAW telah difungsikan untuk meramaikan kegiatan tradisi merayakan kelahiran anak, khitanan, dan perkawinan.
e. tampak panorama persawahan dalam perjalanan kami, melintasi jalan berbingkai rumput desa.
(Jawaban A)
Soal Nomor 17
Perhatikan deskripsi sebuah laporan seorang siswa yang sedang melakukan pengamatan Bakul Jamu di sebuah pedesaan. a
Tampak panorama persawahan dalam perjalanan kami, melintasi jalan berbingkai rumput desa. Jalan yang kami lintasi berada di atas bukit dan pegunungan, kiri jurang dan kanan pun jurang. Kami harus lebih waspada saat melintasi medan yang berliku-liku dan menanjak. Naungan tajuk pepohonan dan angin sepoi-sepoi membuat perjalanan kami menjadi luar biasa.
Deskripsi tulisan tersebut merupakan jenis laporan pembelajaran dengan pendekatan ....
a. cerita sejarah
b. cerita perjuangan
c. cerita perjalanan
d. deskripsi potret keseharian masyarakat
e. deskripsi potret informan
(Jawaban C)
Soal Nomor 18
Seseorang rang yang bertanggung jawab menetralkan ruang saat mendokumentasi penelitian sebuah kelompok sosial dari gangguan apapun sehingga kegiatan berjalan dengan baik disebut ...
a. penulis naskah
b. interviewer
c. blocking area
d. videografer
e. fotografer
(Jawaban C)
Soal Nomor 19
Interviewer adalah orang yang berperan dalam mewawancari informan dalam sebuah cerita yang diangkat dalam film dokumenter. Peran interviewer dalam film dokumenter akan memancarkan informasi yang bermakna. Dalam proses pembuatan film dokumenter, etika interviewer memiliki hukum sendiri alias tidak seperti interviwer lainnya. Hal ini disebabkan karena seorang interviewer tidak hanya bertugas mendapatkan jawaban informan, tetapi juga mendapatkan informasi tentang jawaban dari respon yang ditanyakan.
Peran interviewer dalam membuat film dokumenter adalah ....
a. agar alur dan pesan yang disampaikan dalam film dokumenter dapat ditangkap oleh pemirsa
b. agar notulis dapat mendokumentasikan informasi yang disampaikan informan
c. agar videografer mudah saat pengambilan gambar
d. membantu editor saat mengolah bahan video yang didapat
e. membantu direktur dalam merancang skenario film dokumenter
(Jawaban A)
Soal Nomor 20
Film dokumenter ini berisikan tentang gambaran masyarakat pemulia pangan lokal. Fokus film ini adalah mengabarkan tentang pengetahun, teknologi, dan produk pangan lokal yang masih ada. Melalui film ini, pemirsa dapat menghubungkan seberapa hubungan antara pangan lokal dengan struktur sosial.
Dalam film dokumenter, deskripsi tersebut dapat dimuat pada bagian ....
a. teks pengantar
b. opening film
c. teks crew
d. ulasan masalah
e. potret keseharian masyarakat
(Jawaban A dan B)
Soal Nomor 21
Perhatikan foto pasar berikut ini!
Deskripsi yang tepat dalam menyampaikan visualisasi data laporan masalah sosial kelompok sosial pasar tradisional glonggong jakenan pati jawa tengah adalah ....
a. pasar tradisional masih tampak terlihat kumuh
b. pasar tradisional masih ditemukan keadaan yang tidak nyaman, diantarnya; jalan masuk dan penghubung antar toko, toko, bakul lesehan, tempat cuci tangan, parkir, jasa kuli, kebersihan toko, aroma, dan transportasi.
c. Pasar tradisional tidak terdapat resapan
d. pasar tradisional masih ditemukan pungutan liar dintaranya pada layanan parkir dan wc/kamar mandi.
e. masalah fasilitas dipasar tradisional yang tersedia diantaranya adapun kekumuhan tersrbut dapat dilihat diantaranya; kantor pasar, selokan, bakul lesehan, kamar mandi/ wac, jarak antar toko, kebersihan toko, aroma pasar, dan transportasi pasar.
(Jawaban A)
Soal Nomor 22
Kelompok siswa sedang melakukan wawancara dengan pengusaha batik tulis di Lasem. Mereka melakukan wawancara tematik kelompok sosial.
Adapun informasi yang didapat adalah sebagai berikut;
(1). masuk kerja paling lambat pukul 08.00, jika lebih dari itu maka tidak mendapat uang jajan pada hari tersebut.
(2) dengan sistem borongan pekerja bebas untuk istirahat, makan, salat/aktivitas yang lain dengan syarat bertanggung jawab dengan batiknya.
Dalam kajian kelompok sosial, siswa tersebut mendapat informasi tentang .....
a. syarat terbentuknya kelompok sosial
b. syarat menjadi anggota kelompok sosial
c. masalah-masalah kelompok sosial
d. masa depan kelompok sosial
e. pemajuan kelompok sosial
(Jawaban B)
Soal Nomor 23
Suatu ketika para siswa SMA Negeri 1 Jakenan melakukan wawancara terhadap kelompok sosial batik tulis, tepatnya Batik Tulis Bakaran Pati Jawa Tengah.
Saat wawancara, para siswa mendapatkan informasi tentang ciri dan kekhasan batik Sumber Rejeki terletak pada motifnya, yaitu bermotif baganan, motif tiga negeri, dan sekar jagat. Aturan keanggotaan kelompok pegawai batik ini, biasa berangkat jam setengah delapan, istirahat pukul dua belas siang selama tiga puluh menit, dan pulang kerja sekitar jam empat sore.
Dalam kajian kelompok sosial, siswa tersebut mendapat informasi tentang .....
a. ciri khas kelompok sosial
b. karakteristik anggota kelompok sosial
c. masalah-masalah kelompok sosial
d. konflik kelompok sosial
e. pemajuan kelompok sosial
(Jawaban A)
Soal Nomor 24
Fenomena menarik saat ini adalah munculnya kegiatan sholawatan dengan menggunakan panggung besar dan melibatkan banyak orang. Kegiatan yang didalamnya memuat lantun pujian ini dapat diikuti oleh anggota masyarakat tanpa memandang kelas sosial, terlebih para pelajar sekolah dan santri pondok pesantren. Syair dan liriknya pun dengan mudah didapatkan di portal youtube dan media sosial. Dan dua kelompok besar sholawatan yang kerap hadir setiap ada event sholawatan adalah kelompok sosial Shekhermania dan Zahirmania. Mereka mengaku, kehadiran mereka berkeinginan untuk meningkatkan derajat dan kebaikan, menghapuskan keburukan, hingga menambah pahala.
Berdasarkan jenisnya, kelompok sholawatan termasuk jenis kelompok sosial ....
a. membership group
b. kelompok sekunder
c. in group
d. out group
e. reference group
(Jawaban E)
Soal Nomor 25
Perhatikan foto kelompok sholawatan berikut ini!
Kelompok sosial dapat terjadi karena adanya faktor kesamaan mulai dari kesamaan geneologi, geografis, kepentingan, dan keyakinan. Adapun kelompok sholawatan termasuk kelompok sosial yang tumbuh karena adanya keyakinan tentang meningkatkan derajat dan kebaikan.
Berdasarkan informasi tersebut, kelompok sholawatan termasuk kelompok sosial yang terbentuk karena .....
a. kesamaan geneologi
b. kesamaan geografis
c. kesamaan kepentingan
d. kesamaan keyakinan
e. kesamaan tempat tinggal dan daerah asal
(Jawaban D)
Soal Nomor 26
Hasil pengamatan yang dilakukan oleh Edi Sulistiyo tentang warung kelontong menarik untuk dicermati. Sekilas, hasil pengamatan ini salah alamat. Hal ini dapat dilihat dari keberadaan satu warung yang tampak tidak berjejaring dengan warung kelontong lainnya. Namun jangan salah, mungkin saja ini karena sudut pandang penulis yang cenderung menekankan pada interaksi sosial warung terhadap orang dan warga yang ada di sekitar lokasi warung. Tampak, warung menjadi kunci dalam mempertemukan anggota dan kelompok sosial lainnya.
Dari hasil pengamatan Edi Sulistiyo, dapat diketahui bahwa .....
a. keberadaan warung dapat menggerakkan kelompok sosial lainnya
b. keberadaan warung dapat menurukan dan melahirkan kelompok sosial lainnya
c. keberadaan warung dapat memberi akses kepada pembeli untuk saling bertemu dengan para penjual
d. keberadaan warung dapat meningkatkan taraf hidup keluarganya
e. keberadaan warung dapat memberi informasi anak sekolah yang bolos sekolah
(Jawaban A dan B)
Soal Nomor 27
Berikut ini merupakan ulasan singkat tentang hasil pengamatan Muqtafa Arshadad tentang kelompo sosial Suporter SMA N 1 Jakenan.
Mungkin dalam pikiran kita masih terngiang-ngiang terhadap suporter yang identik dengan kelompok sosial berasa kerumunan dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap kelompok yang dibela. Mungkin juga dalam pikiran kita masih lekat dengan sikap fanatisme yang berlebih terkadang dinanti dalam rangka mensuport semangat terhadap kelompok yang sedang berkompetisi. Sedangkan apa yang ada dalam laporan pengamatan tersebut, berbeda. Adalah kelompok sosial SPOEJA (Suporter Elite Smanja). Nama boleh sama, yaitu suporter. Tetapi kelompok yang satu ini tidak kerumunan. Bukan juga publik dan juga bukan massa. Dalam laporannya, SPOEJA identik dengan jenis kelompok sosial nyata. Hal dapat dilihat, untuk menjadi anggota superter SMANJA harus dengan lima syarat. Pertama, cinta dan berani berkorban untuk sekolah. Kedua, tidak membeli atau mengkonsumsi minuman beralkohol dan narkoba. Ketiga, menjadi suporter yg sehat jasmani dan rohani. Keempat, tidak merokok. Dan kelima tidak melakukan tawuran dan merusak fasilitas. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi link berikut ini.
Berdasarkan identifikasi sebuah kelompok sosial, Suporter SMA N 1 Jakenan termasuk ,,,,,
a. kelompok kemasyarakatan
b. kelompok masyarakat khusus
c. kelompok asosiasi
d. kelompok statistik
e. kelompok semu
(Jawaban D)
Soal Nomor 28
Namanya adalah Rukayah, penduduk asli desa Balongmulyo kecamatan Kragan kabupaten Rembang. Beliau lahir tahun 1972. Sejak kecil Rukayah membuat gerabah untuk membantu orang tuanya. Sepeninggal orang tuanya, Rukayah meneruskan usaha membuat gerabah hingga sekarang. Saat ini Rukayah memiliki dua orang karyawan, seiring minat anak-anak muda yang lebih memilih bekerja di pabrik dan koperasi.
Berdasarkan kisah tersebut, Rukayah merupakan anggota kelompok sosial yang terbentuk karena ...
a. kesamaan geneologi
b. kesamaan geografis
c. kesamaan kepentingan
d. kesamaan keyakinan
e. kesamaan tempat tinggal dan daerah asal
(Jawaban A)
Soal Nomor 29
Pertanyaan merupakan keingintahuan anggota masyarakat dalam merespon fenomena sosial dan atau gejala alam. Berdasarkan nilainya, terdapat dua jenis pertanyaan yaitu pertanyaan baik dan pertanyaan buruk. Berikut ini yang termasuk contoh pertanyaan fenomena sosial adalah ....
a. bagaimana caranya agar cagar budaya yang ada di desa naik statusnya menjadi cagar budaya nasional?
b. mengapa anak-anak desa saat ini suka berkumpul di warung kopi?
c. sedekah bumi dan sedakah laut merupakan ekspresi ucapan syukur masyarakat desa dan masyarakat nelayan dalam menikmati hidup yang damai
d. apa yang menyebabkan munculnya fenomena el Nino
e. mengapa di dalam rumah tangga kerap kali ada perselisihan antara anak dan orang tua?
(Jawaban B)
Soal Nomor 30
Jawaban merupakan proses kreatif dalam mengolah informasi secara sistematis dan logis sebagai upaya dalam merespon sebuah pertanyaan. Berikut ini yang termasuk deretan informasi yang dapat digunakan dalam menjawab sebuah pertanyaan yang sesuai dengan kaidah tersebut adalah ....
a. untuk menjawab pertanyaan mengapa terjadi peningkatan dalam penggunaan pulsa, seorang peneliti perlu memiliki informasi tentang pandangan penjual pulsa
b. untuk menjawab pertanyaan mengapa peternak mengambil rambanan milik orang, dibutuhkan informasi dari pemilik rambanan
c. dalam menjawab rumusan masalah tentang bagaimana menyiapkan diri agar siswa SMA mendapatkan beasiswa kuliah, perlu disiapkan informasi tentang pengalaman alumni SMA yang berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di dalam negeri dan juga ke luar negeri
d. untuk mendapatkan data tentang kelompok sosial mana saja yang tidak berdaya, perlu dilakukan penelitian tentang keluarga miskin
e. untuk mendapatkan data keluarga bahagia, perlu dilakukan survey terhadap kasus kekerasan dalam rumah keluarga
(Jawaban C)
Soal Nomor 31
Berikut ini jenis kelompok sosial yang sifatnya sementara, yaitu...
a. Orang-orang dalam satu lingkungan RT yang sedang kerja bakti
b. Orang-orang berdemonstrasi menuntut upah dinaikan
c. Orang-orang berkerumun melihat kecelakaan lalu lintas
d. Anggota OSIS sedang mengikuti rapat kegiatan bulan bahasa
e. Anak-anak sedang bermain di kawasan cagar budaya kabupaten Pati
(Jawaban C)
Soal Nomor 32
Survei merupakan model pengumpulan data secara cepat dan akurat yang biasanya dengan menggunakan teknik pengamatan terbatas, wawancara terbatas, dan pengisian kuesioner. Berikut ini merupakan perbedaan pengumpulan data survei dengan teknik pengamatan, wawancara, dan kuesioner adalah .....
Pilihan | Pengamatan | Wawancara | Kuesioner |
a | memotret | merekam | mendokumentasikan |
b | memandang | bercerita | melihat |
c | melihat | bercakap | menulis |
d | memandang | mendengarkan | menulis |
e | memotret | bercakap | melihat |
(Jawaban C)
Soal Nomor 33
Kelompok sosial Sambi Budhoyo merupakan kelompok sosial yang ada di desa Pamotan kecamatan Pamotan kabupaten Rembang, tepatnya di dukuh Sambikalung. Kelompok sosial ini aktif berkegiatan seni tari sejak tahun 2003 hingga sekarang. Anggota kelompok ini terdiri dari anak-anak, remaja, dan pendampingan aktif dari ibu-ibu dukuh Sambikalung. Pertunjukan yang kerab dipentaskan kelompok sosial ini adalah tari orek-orek khas sambukalung.
b. dalam acara tahun baru masehi mengadakan kegiatan pentas – pentas yang tradisional sampai modern
Tindakan siswa yang tepat untuk mendukung program pemajuan kebudayaan melalui teknologi tradisional pada sebuah masyarakat yang memiliki kelompok sosial gerabah adalah ....
b. membuat gerabah dengan teknik tradisional
c. mengunjungi kelompok sosial gerabah balongan menjadi sumber belajar
Perhatikan foto kelompok sosial Reog Ponorogo Sari Langgeng Budoyo berikut ini.
Dalam foto tersebut, tampak para siswa sedang melakukan penelitian kelompok sosial. Dalam laporannya, menyampaikan informasi bahwa foto ini diambil setelah melakukan pengamatan tentang beberapa koleksi-koleksi reog yang dimiliki Mbah Urip yang ada di desa Sumbergiran, Lasem. Dan yang dipegang Mbah Urib tersebut adalah topeng genderuwo. Gendruwo merupakan reog yang banyak peminatnya atau banyak digunakan saat tampil.
Berdasarkan informasi yang disampaikan dalam laporan penelitian tersebut, siswa menggunakan data visual dalam bentuk foto yang berfungsi untuk ....
a. foto berfungsi untuk update status tentang siapa melakukan apa, agar yang bersangkutan dianggap ada
b. foto berfungsi untuk pelengkap dokumentasi keluarga agar penerus keluarga tidak kehilangan jejak dan perjuangan selanjutnya
c. foto berfungsi untuk melengkapi sumber tertulis yang mampu menguatkan tentang pesan apa yang akan disampaikan dalam laporan penelitian
d. foto berfungsi untuk kenang-kenangan dimana pernah terjadi peristiwa penelitian kelompok sosial reog
e. foto berfungsi untuk menyajikan suatu produk atau karya seni kepada khalayak ramai serta untuk mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan
(Jawaban C)
Soal Nomor 36
Dalam mempublikasikan penelitian kelompok sosial berbasis digital, para siswa perlu menguasai teknik menulis artikel dan mengedit video. Dalam hal mempublikasikan hasil penelitian kelompok sosial, berikut ini yang termasuk nilai penting artikel dan video adalah ...
a. kelompok sosial dapat terpublikasikan ke masyarakat
b. kelompok sosial mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah setelah viral
c. kelompok sosial akan lestari dan tidak bakal punah
d. masyarakat akan mendapatkan kabar tentang keunikan kelompok sosial, dan kelompok sosial yang tidak penting akan hilang dengan sendirinya
e. masyarakat akan mendapatkan kabar tentang pengetahuan, keterampilan, dan produk unik yang dimiliki kelompok sosial
(Jawaban E)
SOAL URAIAN
41. Uraikan gagasan kalian tentang bagaimana konsep Persatuan Indonesia dalam rangka membangun kelompok sosial yang berdaya!
42. Bagaimana pandangan kalian tentang tren kelompok pelajar yang doyan bermain game di kelas! Berikan prediksi tentang dampak yang terjadi! Serta bagaimana solusi yang tepat dalam merespon tren tersebut!
43. Bagaimana pandangan kalian terhadap kelompok sosial di sekitar tempat tinggal kalian yang saat ini terancam karena generasi penerusnya lebih memilih pekerjaan lain!
44. Susunlan sebuah rencana membentuk kelompok sosial yang menurut kalian dapat berperan/ berfungsi menjaga ketersediaan air di dalam tanah!
45. Susunlah sebuah rencana membentuk kelompok sosial yang menurut kalian dapat mengurangi emisi karbon!
Komentar
Posting Komentar