CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SOSIOLOGI FASE F KELAS XII

Daun dan Biji
By -
0

 

Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial akibat terjadinya kelompok sosial yang beragam sehingga berpotensi menyebabkan permasalahan sosialkonflik, dan kekerasan. Untuk itu, peserta didik mampu secara kritis dan kreatif memberikan pemecahan masalah yang solutif terhadap dinamika kehidupan sosial di tengah dinamika masyarakat digital saat ini. Penerapan prinsip kesetaraan dalam perbedaan sosial digunakan untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis dan integratif. Peserta didik juga mampu menganalisis terjadinya perubahan sosial pada kelompok atau komunitas di tengah arus globalisasi dan mampu memberikan solusi terhadap dampak globalisasi dan perkembangan teknologi digital berupa ketimpangan sosial dan problem lainnya seperti perilaku asosial, dan lain-lain. Peserta didik juga mampu merancang strategi, melakukan dan mengevaluasi kegiatan/projek pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal, serta mampu menyajikan hasil aksi pemberdayaan serta hasil pelibatan diri dalam kewirausahaan sosial

Pemahaman Konsep

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menjelaskan terjadinya kelompok sosial dan mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial akibat hubungan antarkelompok sosial. Peserta didik juga mampu menerapkan prinsip kesetaraan dalam perbedaan sosial sehingga terwujud kehidupan sosial yang harmonis, menjelaskan konflik dan kekerasan dan upaya untuk menciptakan integrasi sosial di tengah dinamika masyarakat digital yang terus berubah. Di samping itu, peserta didik mampu menganalisis berbagai perubahan sosialketimpangan sosialeksistensi kearifan lokal dalam kehidupan komunitas akibat dampak globalisasi dan perkembangan teknologi informasi.

Keterampilan Proses

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu melakukan penelitian sosial berorientasi pemecahan masalah dari permasalahan sosialkonflik dan kekerasan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan mengomunikasikan hasil penelitiannya. Di samping itu, peserta didik juga mampu melakukan penelitian dan mengomunikasikan hasil penelitian tentang perubahan sosial akibat globalisasi dan perkembangan teknologi informasi. Peserta didik juga mampu merancang, melakukan, mengevaluasi pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal, menjadi aktor atau turut serta dalam proses kewirausahaan sosial dan menyajikan serta mengomunikasikan hasilnya. Peserta didik mampu merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif.

XII IPS/Fase F/Pemahaman Konsep  
Di samping itu, peserta didik mampu menganalisis berbagai perubahan sosial, ketimpangan sosial, eksistensi kearifan lokal dalam kehidupan komunitas akibat dampak globalisasi dan perkembangan teknologi informasi.

Topik 1: 
Topik 2: 
Topik 3: 
Topik 4: 
Topik 5: 
Topik 6: 
Topik 7: 
Topik 8: 
Topik 9: 

XII IPS/Fase F/Keterampilan Proses

Di samping itu, peserta didik juga mampu melakukan penelitian dan mengomunikasikan hasil penelitian tentang perubahan sosial akibat globalisasi dan perkembangan teknologi informasi. Peserta didik juga mampu merancang, melakukan, mengevaluasi pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal, menjadi aktor atau turut serta dalam proses kewirausahaan sosial dan menyajikan serta mengomunikasikan hasilnya. Peserta didik mampu merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif.

Topik 10: 
Topik 11: 
Topik 12: 
Topik 13: 
Topik 14: 
Topik 15: 
Topik 16: 
Topik 17: 
Topik 18: 
Topik 19: 

Download Materi Penelitian Sosial Sederhana

Ilmu Sosial [download]
Penelitian Sosial [download]
Garis Besar Rancangan Penelitian Sosial [download]
Teknik-teknik Penelitian Sosial Dalam Metode Kualitatif  [download]
Teknik-teknik Penelitian Sosial Dalam Metode Kuantitatif [download]
Menyusun Intrumen Penelitian Sosial [download]
Pengolahan Data Kualitatif [download]
Pengolahan Data Kuantitatif [download]
Teknik Pelaporan Penelitian Sosial [download]
Menyusun Karya Tulis Ilmiah Sosial [download]

Download Sumber Belajar: Sosiologi Kelas XI

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)